Search
Jumat 22 Maret 2019
  • :
  • :

XL Axiata Belum Manfaatkan Jaringan Palapa Ring, Tunggu Palapa Ring Timur Selesai


MAJALAH ICT – Jakarta. Jaringan tulang punggung serat optik Palapa Ring bisa menopang layanan telekomunikasi yang disediakan oleh operator telekomunikasi. Direktur Teknologi XL Axiata Yessie D. Yosetya mengatakan XL Axiata baru saja membuka jaringan 4G di Kepulauan Anambas dan Kepulauan Natuna bulan Februari lalu.

“Kami sudah pasang, masuk ke Pulau Anambas, sudah punya akses di sana,” ungkapnya usai acara Dialog dan Persemian Pojok Pintar SisterNet di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta.

Menurut Yessie, hingga akhir 2018, pembangunan jaringan 4G XL Axiata sudah mencapai 85 hingga 86 persen. “Ekspansi jaringan 4G XL menargetkan wilayah di luar Pulau Jawa, termasuk di antaranya Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi. XL sudah memanfaatkan infrastruktur jaringan Palapa Ring Barat, yang selesai dibangun tahun lalu,” ungkapnya.

Yessi menyatakan, perusahaan operator seluler XL Axiata menargetkan 92 persen pelanggan akan terjangkau jaringan 4G hingga akhir tahun 2019.

“Harapannya 92 persen itu akan selalu di 4G tidak turun ke 3G. Saat ini, jumlah pelanggan kami mencapai 54,9 juta pengguna. Kami akan fokus ekspansi jaringan ke wilayah luar Pulau Jawa dengan memanfaatkan Palapa Ring yang pembangunannya hampir rampung,” katanya.

Sementara untuk pemanfaatan Palapa Ring Tengah bagi XL, kata Yessie hingga saat ini masih dalam tahap diskusi dan sedang menantikan infrastruktur Palapa Ring Timur selesai untuk selanjutnya berencana akan ekspansi jaringan 4G ke wilayah Indonesia Timur.

“Sudah ada rencana untuk wilayah tengah, begitu aktif, kita langsung ambil yang tengah. Palapa Ring Timur, kita liat dulu jadinya sampe mana baru kita perhitungkan,” tuturnya.

Keberadaan Palapa Ring, menurut Yessie memudahkan konektivitas experience pelanggan jauh lebih baik. “Kalau dulu pakai satelit udah mahal bandwithnya kecil pula, Sekarang udah pakai fiber jauh lebih baik dibandingkan sebelumnya dengan menggunakan teknologi satelit,” terangnya.

 

 

Loading...




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *