Search
Minggu 8 Desember 2019
  • :
  • :

XL Jadi Operator Pertama Layani Location Based Advertising

MAJALAH ICT – Jakarta. Semakin luas masyarakat memanfaatkan layanan telekomunikasi seluler dalam mendukung aktivitasnya sehari-hari. Pada sebagian kalangan, keberadaan perangkat ponsel tidak dapat dipisahkan dari rutinitasnya. Di mana pun dan kapan pun, ponsel hampir selalu ada di tangan. Fenomena ini merupakan hal yang menarik bagi marketer di mana mereka ingin menjangkau konsumen dengan efektif dan cepat, dan mengirimkan pesan komersial yang relevan pada lokasi tertentu. Menjawab kebutuhan ini, PT XL Axiata Tbk (XL) meluncurkan layanan Mobile Advertising terbaru yaitu pengiriman pesan komersial berbasis lokasi (Location Based Advertising – LBA) secara real-time di seluruh Indonesia.

Direktur Technology Digital Services XL – Dian Siswarini mengatakan, “XL percaya industri Mobile Advertising di Indonesia akan tumbuh pesat, termasuk kebutuhan akan LBA. Kami melakukan inisiatif strategis dan menjadi operator telekomunikasi pertama yang menyediakan layanan LBA dengan ruang lingkup nasional secara nyata.”

Dian menambahkan, pelanggan XL tidak akan dikenakan biaya sama sekali alias gratis untuk menerima promosi via LBA ini. Dengan LBA, marketer dapat berinteraksi langsung dengan target market yang dikehendaki berdasarkan lokasi dan waktu di seluruh wilayah Indonesia, baik indoor seperti antara lain pusat perbelanjaan/mal dan airport. Sementara itu untuk outdoor seperti antara lain sentra bisnis, perumahan, dan kampus. Sehingga respon dan performa campaign pun akan meningkat karena pesan yang dikirimkan relevan dengan profil dan lokasi konsumen.

Sebagai contoh, layanan ini sangat efektif digunakan untuk menginformasikan suatu promo atau penawaran spesial di sebuah mall, di mana pesan dikirimkan ke konsumen yang sedang berada di dalam mall tersebut. Contoh lainnya adalah untuk menginformasikan pembukaan cabang usaha baru di lokasi tertentu, di mana pesan promo dikirimkan ke konsumen yang tinggal di perumahan sekitar tempat usaha tersebut.

Format pesan komersial yang dikirimkan oleh XL LBA ini pun beragam, mulai dari SMS interaktif, MMS video, sampai dengan menu interaktif menggunakan UMB. XL Mobile Advertising menyediakan reporting yang jelas dan transparan kepada marketer sehingga performa campaign dapat terukur tingkat efektivitasnya.

Keseriusan XL dalam mengembangkan layanan Mobile Advertising terlihat dari penyediaan beragam inventori kepada marketer. Selain LBA, XL Mobile Advertising juga memiliki Channel Direct Marketing, seperti dialog SMS, MMS video, UMB push, dan Channel Display, seperti Interstitial Page, Error Page, dan Page Not Found Page. Saat ini XL, melalui channel direct sales maupun reseller, sudah berhasil menggaet lebih dari 3000 klien dari berbagai industri seperti antara lain perbankan, consumer goods, travel agent, dan ritel, di mana sebagian merupakan top 100 advertising spender di Indonesia

Loading...




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *