Search
Jumat 20 September 2019
  • :
  • :

Yogyakarta Usulkan Referendum? Kementerian Kominfo: Itu Hoax

MAJALAH ICT – Jakarta. Isu referendum akhir-akhir ini mencuat di platform media sosial. Setidaknya, dua daerah yang sempat diberitakan tersebut, yaitu Aceh dan Yogyakarta. Ada disinformasi yang beredar dengan membuat narasi “Aceh dan Yogyakarta Akan Referendum. Apa yang terjadi di negeri ini?”

Plt. Karo Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu menyatakan, faktanya setelah ditelusuri, berita berjudul “Mengapa Sri Sultan Mengusulkan Referendum?” yang dimuat oleh viva.co.id merupakan berita lama.

“Berita itu sudah lama, yaitu pada Jumat 1 Oktober 2010. Usulan referendum oleh Sultan Yogyakarta itu terjadi pada 2010,” kata Ferdinandus di Jakarta.

Narasi sebenarnya dalam berita tersebut, jelas Ferdinandus, adalah terkait aturan mengenai Gubernur dan Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Bukan tentang isu referendum pasca Pemilu 2019.

“Konteksnya itu terkait dengan kekosongan aturan mengenai suksesi Gubernur dan Wakil Gubernur DIY. Sehingga, tidak terkait dengan hasil Pemilu 2019,” imbuhnya. 

Sementara itu, beredar kabar hoaks lain yang menarasikan pernyataan Presiden Jokowi yang menanggapi korban aksi massa 22 Mei. Narasi tersebut bertuliskan. “Ditanya Soal Korban Aksi Massa 22 Mei, Jokowi: Saya Tidak Tau, Itu Urusan Polisi dan TNI.” 

“Judul artikel itu, merupakan halaman berita sindonews.com dengan judul “Soal Aksi 22 Mei, Jokowi: Itu Urusan Polisi dan TNI” yang tayang pada tanggal 19 Mei 2019,” ungkap Ferdinandus.

Lebih lanjut, Ferdinandus menegaskan, dari artikel tersebut dapat menggiring pembaca pada premis, atau hal yang dianggap benar. Padahal, tidak sesuai dengan artikel berita yang sesungguhnya.

Berikut rincian lengkap laporan isu hoaks harian untuk tanggal 30 Mei 2019 dari Tim AIS Kementerian Kominfo:

1. Demo 22 Mei Bayar Preman Perkepala 300 Sampai 500

2. Pengutil Vs Perampok di Sebuah Minimarket

3. Persekusi Sebuah Keluarga di India

4. Bocah Palestina Menantang Tentara Israel

5. Masa Saya Dibilang Ikan Buntal

6. Menyembuhkan Diabetes dalam Lima Menit

7. Konteks Buku “People Power” yang Dibawa Amin Rais

8. Yogyakarta Minta Referendum Pascapemilu 2019

9. Ini Jakarta bukan Singapore

10. Manfaat Poligami Perpanjang Umur Pria

11. Jauh-jauh ke Bali Tom Holland main Timezone

12. Ditanya Soal Korban Aksi Massa 22 Mei, Jokowi: Saya Tidak Tau, Itu Urusan Polisi dan TNI.

 

Loading...




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *