Search
Rabu 23 Oktober 2019
  • :
  • :

YouTube Music Jadi Upaya Google Hadapi Persiangan Spotify dan Apple

MAJALAH ICT – Jakarta. Spotify telah lama menunjukkan bahwa itu bukan sumber terbesar dari streaming musik yang didukung iklan, meskipun sekarang ada 129 juta pendengar aktif bulanan pada layanan yang didukung iklan. Namun demikian, YouTube, anak perusahaan Alphabet, adalah sumber streaming musik “gratis” terbesar.

Lebih dari 2 miliar pengguna mengalirkan lebih dari satu jam konten YouTube per hari di perangkat seluler – sebagian besar darinya mengalirkan video musik. Namun, Google belum membuat kemajuan sejauh streaming musik yang berdiri sendiri, meskipun basis pengguna YouTube mendengarkan musik besar-besaran.

Itu bukan karena kurang berusaha. Bahkan, Google meluncurkan layanan streaming musik premium bahkan sebelum Apple Tetapi Apple memiliki sekitar 60 juta pelanggan untuk Apple Music sementara YouTube Music, inkarnasi terbaru platform streaming musik Google, hanya memiliki 15 juta pelanggan yang dibayar.

Dalam upaya untuk mengejar ketinggalan dengan Spotify dan Apple, Google membuat keputusan untuk mewajibkan produsen memasang pra-instal Musik YouTube di perangkat Android 9 dan Android 10. Apakah upaya Google untuk memulai layanan streaming musik terlalu sedikit, terlambat?

Apple membuat Apple Music ke dalam aplikasi Musik default di iOS. Ini juga menawarkan lebih banyak integrasi dengan Siri dan Apple Watch dibandingkan dengan Spotify dan layanan streaming lainnya. Akibatnya, Apple Music dengan cepat menyusul dan melampaui pelanggan Spotify di antara pengguna iOS, menurut Eddy Cue, kepala perangkat lunak dan layanan Apple.

Yang mengatakan, penggemar perangkat keras Apple umumnya lebih cenderung untuk mendukung produk dan layanan lain dari raksasa teknologi atas para pesaingnya. Jadi ketika Apple memperkenalkan Apple Music, ada banyak permintaan pelanggan yang terpendam. Google dan YouTube tidak menginspirasi fanatisme yang sama.

Apalagi iOS adalah platform tertutup. Apapun yang dikatakan Apple berjalan. Dan sementara Google dapat mengerahkan tingkat kontrol tertentu atas Android berkat kontrolnya atas Google Play Store, teleponnya hampir tidak terkunci seperti halnya ponsel iOS. Misalnya, Anda dapat mengubah pemutar musik default hanya dengan beberapa ketukan. Akibatnya, ada banyak aplikasi musik alternatif di Google Play Store dibandingkan dengan yang tersedia di iOS.

Cukup pra-instal Musik YouTube di ponsel Android kemungkinan tidak akan memiliki dampak yang sama untuk Google seperti pada Apple. Tetapi karena konsumen yang kurang paham teknologi beralih dari membeli masing-masing album dan lagu ke streaming, memiliki pemutar musik default di sebagian besar ponsel bukanlah posisi yang buruk.

Pada akhir 2018, sekitar 255 juta pendengar musik global berlangganan layanan streaming berbayar, menurut perwakilan industri rekaman IFPI (Federasi Internasional Industri Fonografi). Sementara itu mungkin tampak seperti banyak, sama seperti pendapatan industri berasal dari unduhan digital dan penjualan album fisik dari langganan musik. Dan puluhan juta lebih banyak pengguna streaming musik gratis di Spotify atau YouTube, di antara aplikasi lain.

Masih ada banyak ruang untuk menumbuhkan total pasar karena semakin banyak konsumen mendapatkan akses ke telepon pintar dan data nirkabel yang terjangkau. Jika Anda belum menyadarinya, Spotify masih menambah puluhan juta pendengar setiap tahun. Terlebih lagi, pertumbuhan pelanggan premium melebihi pertumbuhan pendengar gratis di pemimpin streaming.

Sekarang mungkin masih dalam tahap awal adopsi streaming musik global. Karena lebih banyak konsumen memutuskan untuk berlangganan daripada membeli, masih ada peluang bagi pesaing di luar Spotify dan Apple untuk meningkatkan dan memenangkan pendengar baru. Google berada di salah satu posisi terbaik untuk melakukannya, dan mengambil kesempatan dengan mencoba menjadikan YouTube Music aplikasi musik default di Android.

 

Loading...




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *