Search
Jumat 20 September 2019
  • :
  • :

Zurich Indonesia Bersama HarukaEDU, Berikan Kursus Asuransi Online Pertama Gratis untuk Publik

MAJALAH ICT – Jakarta. PT Zurich Insurance Indonesia (ZII) dan PT Zurich Topas Life (ZTL) hari ini mengumumkan kerjasama dengan HarukaEDU, sebuah institusi berbasis edukasi teknologi (ed-tech) terkemuka di Indonesia, untuk mengadakan kursus asuransi online gratis yang terbuka untuk masyarakat luas. Kursus yang diberi nama Zurich Proteksi Education Program ini memberikan seri kursus online selama empat minggu kepada para peserta. Hasil yang diharapkan dari kelas ini adalah peserta mampu memahami, mengelola dan melindungi dirinya, keluarga dan bisnis mereka dari risiko.

Kewirausahaan memiliki peranan penting dalam menyokong perekonomian Indonesia. Jumlah UMKM di Indonesia mencapai 99,99% dari total keseluruhan pelaku usaha di Indonesia atau sebanyak 56,54 juta unit usaha (Bank Indonesia, 2015). Di sisi lain, kesadaran akan pentingnya asuransi di kalangan wirausaha ini masih terbilang rendah. Sebagai gambaran, Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) tahun 2013 mencatat hampir 90% pelaku UKM (usaha kecil dan menengah) di Indonesia belum terlalu memikirkan soal asuransi ataupun bagaimana cara melindungi bisnis mereka.

Pengusaha skala kecil dan menengah biasanya memiliki risiko yang lebih tinggi dengan tingkat ketergantungan yang lebih besar pada pemilik usaha, dibanding perusahaan yang lebih besar. Sehingga, akses ke asuransi menjadi sangat penting bagi pengusaha skala mikro dan menengah tersebut, dimana ada kebutuhan untuk memahami risiko, mengurangi ketidakpastian, dan mengubahnya menjasi risiko yang dapat dikelola. Hal ini menjelaskan mengapa kesadaran proteksi memainkan peran penting untuk pengusaha skala kecil-menengah.

Zurich melihat kondisi ini sebagai peluang untuk memperkuat komitmennya dalam membantu masyarakat Indonesia memahami dan memproteksi dirinya dari risiko lewat edukasi. “Dalam kerjasama ini, kami ingin menjangkau sebanyak mungkin masyarakat Indonesia, termasuk kalangan publik dan wirausaha, dengan edukasi yang tepat, baik untuk asuransi umum dan jiwa. Kursus ini dirancang secara unik mengikuti kondisi nyata yang bisa muncul di kehidupan para wirausaha, sehingga peserta dapat dengan mudah mengaitkan materi dengan rutinitas bisnis mereka. Kami harap di akhir kursus, para peserta akan mampu memahami bagaimana mengelola bisnis dan risiko personal dengan lebih baik,” tutur Peter Huber, Presiden Direktur PT Zurich Topas Life.

Zurich Proteksi Education Program juga merupakan bagian dari komitmen Zurich dalam mewujudkan himbauan OJK kepada seluruh Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK) untuk meningkatkan pengetahuan keuangan di dalam masyarakat Indonesia sekaligus meningkatkan penetrasi produk dan jasa keuangan. “Seiring dengan komitmen jangka panjang kami di Indonesia, kami ingin menunjukkan upaya terbaik kami dalam mewujudkan misi pemerintah. Edukasi mengenai proteksi adalah kunci untuk menjembatani protection gap di Indonesia. Kami secara strategis mengedukasi pasar akan pentingnya proteksi lewat beberapa seri edukasi guna membantu masyarakat menyadari risiko dan bagaimana menanganinya. Kami percaya ketika seseorang dibekali dengan pengetahuan proteksi yang lebih baik, mereka akan mulai membangun rencana keuangan yang lebih matang untuk bisnis dan pribadi,” Philippe Danielski, Presiden Direktur PT Zurich Insurance Indonesia menambahkan.

Kolaborasi dengan Zurich Indonesia juga merupakan kursus online pertama kalinya dalam program edukasi asuransi. “Misi kami di HarukaEDU adalah memberikan masa depan yang lebih cerah untuk masyarakat Indonesia melalui pembelajaran online yang berkualitas, terjangkau, mudah diakses, dan interaktif. Mengingat ini adalah program pertama dalam program reguler kami, kami optimis bahwa kursus ini akan menarik perhatian peserta dari berbagai latar belakang, termasuk entrepreneur. Ditambah lagi, kami menyediakan kursus ini secara gratis lewat portal edukasi kami, Pintaria,” ucap Novistiar Rustandi, Co- Founder & CEO HarukaEDU.

“Kami merasa sangat terhormat menjadi mitra Zurich Indonesia dalam mengadakan Zurich Proteksi Education Program. Dari pengalaman kami, memang ada kebutuhan akan edukasi proteksi bagi masyarakat Indonesia. Dengan pemahaman lokal yang mendalam dari Zurich Indonesia dan keahlian dalam memberikan proteksi bagi individu dan bisnis di Indonesia, kami yakin bahwa kursus ini akan sangat membantu memberdayakan para peserta untuk mengelola bisnis dan keuangan personalnya,” tambah Novistiar

Zurich Proteksi Education Program dirancang dengan materi spesifik setiap minggunya. Zurich Proteksi Education Program terdiri dari beberapa video pembelajaran mandiri (self-learning) yang memungkinkan peserta untuk belajar kapan saja dan di mana saja. Pada akhir sesi, peserta akan diberikan tes singkat untuk mengukur pemahaman mereka setiap minggunya. Para peserta yang mampu melewati keseluruhan tes akan diberikan penghargaan dari Zurich Indonesia berupa sertifikat elektronik (E-Certificate). Zurich Proteksi Education Program dapat diakses melalui portal edukasi HarukaEDU Pintaria.com/ [https://pintaria.com/zurich-proteksi-education-program]. Peserta yang teregistrasi program ini juga akan mendapatkan perlindungan kecelakaan personal dari Zurich secara gratis dengan nilai pertanggungan sebesar Rp 25.000.000, hanya dengan mengunduh aplikasi Zurich yang tersedia untuk Android dan iOS.

 

Loading...




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *