Search
Minggu 14 Juli 2024
  • :
  • :

MAJALAH ICT – Jakarta. Pada era sebelum 1983, masyarakat Indonesia belum mengenal Internet. Pada awal-awal kehadiran industri Internet pertama pada 1994-pun, pelaku usahaInternet saat itu hanya dipandang sebelah mata, dan hanya bermodalkan nekad untuk tetap hidup.

Saat itu lah, Internet mulai tumbuh, karena mulai lahir Indonet, astaga.com, kafegaul, detik.com, kaskus, dan setelah itu lahirlah sejumlah webnews Internet. Meski ada beberapa diantaranya yang tak kuat menahan derasnya konten luar negeri dan mati, tapi tak sedikit juga yang terus melenggang hingga sekarang, sebut saja detikcom, kaskus, dan yang akan hidup lagi, Indokini.com.

Saat ini, perkembangan Internet di Indonesia sudah sangat luar biasa. Berdasarkan perhitungan Asosiasi Peneyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), pengguna Internet Indonesia sudah mencapai 64 juta orang, di mana sebagian besar diantaranya mengakses lewat ponsel pintar.

Tingginya pengguna Internet juga ikut mengerek volume trafik yang melewati pusat pertukaran Internet Indonesia (Indonesia Internet eXchange/IIX) maupun Open IXP (Internet eXchange Point).

Volume trafik Internet di Indonesia tumbuh lebih dari 2 juta persen dalam 12 tahun, dari hanya dalam kisaran 10-20 MB menjadi 90,2 GB pada Maret 2013. Pada akhir tahun lalu saja volume trafik sudah mencapai 64 GB.

Saat ini bandwidth domestik sudah mendekati bandwidth internasional, dengan perbandingan 1:2 dari tahun sebelumnya yang masih 1:3.

Adanya peraturan Menkominfo yang mewajibkan aplikasi asing menaruh servernya di Indonesia diyakini menjadi salah satu pemicunya, selain tentunya berkembangnya konten lokal.

Praktisi Internet dari Detikcom Budiono Darsono mengungkapkan maraknya aplikasi video dan streaming di website menjadikan volume trafik di Indonesia naik signifikan.

Pemrakarsa Indonesia Internet eXchange Barry Greene mengungkapkan trafik konten lokal Indonesia sangat luar biasa.

Kekuatan besar

Kesempatan Indonesia jadi kekuatan besar Internet dunia adalah dengan penetrasi Internet yang hanya 22% saja, Indonesia sudah mencatat sebagai pengguna Facebook dan twitter 3-5 besar dunia dan volume trafik yang luar biasa.

Indonesia juga penuh dengan tokoh-tokoh besar di bidang Internet tingkat dunia.

Selain itu, Indonesia juga tercatat sebagai lima negara pertama yang masuk National Internet Registry (NIR) atau yang protokol IP nya sudah diakui dunia. (ICT/ap)

Tulisan ini dan informasi-informasi mengenai perkembangan ICT Indonesia lainnya dapat dibaca di Majalah ICT Edisi No. 8-2013 di sini