Search
Selasa 16 Juli 2024
  • :
  • :

Acer Swift Series Terbaru Ditenagai Prosesor AMD Ryzen AI 300 Series Generasi Terkini

MAJALAH ICT – Jakarta. Acer mengumumkan bahwa seri laptop tipis dan ringan, Swift generasi terbaru akan hadir dengan varian model yang ditenagai prosesor khusus laptop, AMD Ryzen AI 300 Series mulai Q3 2024. Didukung dengan lebih banyak core CPU dan GPU dari prosesor AMD di kelasnya, dan dilengkapi dengan NPU yang sangat efisien, prosesor AMD terbaru ini siap memberikan kecepatan dan kinerja revolusioner pada gelombang baru AI PC dari Acer. Model-model baru ini akan menerima update gratis untuk pengalaman Copilot+ PC[1] ketika tersedia.

“AI terus membentuk ulang ekspektasi pelanggan kami terhadap PC untuk gaming, pembuatan konten, penggunaan profesional dan penggunaan sehari-hari,” kata Jerry Kao, COO, Acer Inc.

“Dengan AMD, kami memberikan lebih banyak pengalaman yang didukung AI kepada pelanggan kami dengan kekuatan dan kinerja yang belum pernah ada sebelumnya. Dalam beberapa bulan ke depan, kami sangat antusias untuk mengumumkan sistem-sistem baru yang ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen AI 300 Series.”

“Kami sangat senang dapat bermitra dengan Acer dalam menghadirkan PC AI generasi mendatang yang tipis dan ringan,” ujar Jack Huynh, senior vice president dan GM, Computing and Graphics Group AMD.

“Kami menciptakan kategori baru PC AI dengan Acer yang menampilkan prosesor AMD Ryzen AI generasi ke-3 dengan NPU terkuat di dunia dengan 50 TOPS, CPU terkuat di dunia dengan arsitektur Zen 5 generasi terbaru, dan grafis terbaik di dunia untuk bermain game.”

Berdasarkan arsitektur “Zen 5” berkinerja tinggi yang baru, prosesor AMD Ryzen AI 300 dengan hingga 12 core berkinerja tinggi dan 24 thread diproyeksikan untuk memberikan performa tingkat berikutnya untuk laptop ultrathin.

Sebagai bagian dari AMD Ryzen AI, prosesor baru ini memanfaatkan teknologi AMD XDNA 2 yang baru untuk memberikan kinerja pemrosesan AI hingga 50+ NPU TOPS yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan kemampuan AI secara lokal dan menjalankan aplikasi AI generatif, Large Language Models, dan asisten AI secara langsung di laptop Acer Swift yang akan datang. Dengan demikian, pengguna akan dapat memaksimalkan kreativitas dan produktivitas mereka tanpa memerlukan akses internet dan tanpa mengorbankan daya tahan baterai.

Prosesor AMD Ryzen AI 300 Series dioptimalkan untuk konsumsi daya yang lebih rendah dan daya tahan baterai yang sangat baik bahkan pada beban kerja komputasi yang berat, ditambah dengan cache hingga 36 MB untuk produktivitas dan respon yang lebih cepat. Grafis AMD Radeon 800M yang terintegrasi juga memberikan dukungan tampilan resolusi tinggi dan encoding yang dipercepat dengan atau tanpa kartu grafis diskrit.