Search
Selasa 21 Mei 2024
  • :
  • :

Ada 23 Juta Pengguna Twitter Ternyata Bukan Manusia

MAJALAH ICT – Jakarta. Bagi pengguna Twitter, jangan bersenang juga jika pengikut atau follower anda sangat banyak. Sebab bisa jadi, follower itu bukanlah manusia, melainkan bot. Hal itu diketahui setelah Twitter mengungkapkan bahwa 23 juta pengguna Twitter adalah bot atau bukan manusia.

Twitter mengunkap hal itu dalam sebuah dokumen yang diserahkan kepada US Securities and Exchange Commission (SEC) atau otoritas bursa saham Amerika Serikat. Diungkap pihak Twitter, 5% dari jumlah total 271 juta akun dioperasikan secara otomatis menggunakan aplikasi pihak ketiga. Artinya, akun ini dipegang atau dikendalikan secara otomatis, tidak melibatkan manusia. 

Selain mengungkap akun bot, Twitter juga menginformasikan bahwa saat ini ada sekitar 11% pengguna aktif yang mengakses jejaring sosial Twitter melalui aplikasi pihak ketiga seperti UberSocial dan Tweetcaster. "Secara historis kami bertanggung jawab untuk melaporkan seberapa banyak pengguna yang mengakses Twitter lewat aplikasi pihak ketiga. Kami juga sudah menemukan cara mengungkap mana pengguna yang menggunakan aplikasi pihak ketiga agar bisa secara otomatis dan teratur men-tweet tanpa perlu ada keterlibat pengguna," kata Twitter.

Laporan tersebut akan disampaikan kepada pemerintah dan para pemegang saham. Laporan ini juga akan dijadikan referensi bagi pihak-pihak yang berkepentingan dalam menilai performa Twitter selaku perusahaan terbuka publik.