Search
Minggu 16 Juni 2024
  • :
  • :

Ada Bug di Twitter, 17 Juta Nomor Telepon dan Akun Twitter Bocor

MAJALAH ICT – Jakarta. Twitter menjadi pusat perhatian lagi dan penuh dengan masalah keamanan lainnya. Seorang peneliti telah menemukan bug di platform yang memungkinkannya mengakses sekitar 17 juta nomor telepon dan akun Twitter yang terhubung dengannya.

Peneliti keamanan Ibrahim Balic menemukan bug itu dan juga memberi tahu Twitter tentang hal itu.

Balic mengatakan bahwa ia dapat merekayasa balik informasi dari Twitter karena platform tersebut tidak mengizinkan daftar nomor telepon berurutan. Balic hanya menghasilkan nomor telepon acak dan mulai mencocokkannya dengan akun Twitter yang ada untuk menemukan yang cocok dengan yang mana.

Di antara jutaan akun yang diakses, Balic juga menemukan bahwa beberapa akun milik politisi terkenal dan pejabat dari negara-negara seperti Prancis, Yunani, dan Turki. TechCrunch bahkan menemukan politisi senior Israel di antara akun-akun yang terekspos. Balic mulai memperingatkan pengguna Twitter tetapi tidak menjangkau Twitter secara langsung.

Namun, platform tersebut mengetahui apa yang dilakukan Balic dan memblokirnya pada 20 Desember. Juru bicara perusahaan itu, Aly Pavela menghubungi Engadget dengan komentar tentang masalah tersebut.

“Kami menanggapi laporan ini dengan serius dan secara aktif menyelidiki untuk memastikan bug ini tidak dapat dieksploitasi lagi. Ketika kami mengetahui bug ini, kami menangguhkan akun yang digunakan untuk mengakses informasi pribadi orang secara tidak tepat. Melindungi privasi dan keselamatan orang-orang yang menggunakan Twitter adalah prioritas nomor satu kami dan kami tetap fokus pada penghentian spam dan penyalahgunaan yang berasal dari penggunaan API Twitter dengan cepat, “katanya.

Twitter dalam mode perburuan mencatat banyak akun palsu dan propaganda dalam dua bulan terakhir. Perusahaan tidak dengan baik hati melakukan penelitian Balic, tetapi perusahaan itu mengakui bug tersebut di depan umum.