Search
Selasa 21 Mei 2024
  • :
  • :

Ada Hubungan Sejenis, The Sims 4 Diberi Label Dewasa

MAJALAH ICT – Jakarta. Games The Sims 4 ternyata mengandung hal yang ‘tidak biasa’ Karena itu, beberapa negara membuat aturan ketat mengenai games ini, Tercatat Jerman, Australia, China dan terakhir Rusia membatasi peredaran permainan ini. The Sims 4 kemudian diberi rating dewasa.

Hal itu karena karena game ini memuat konsep hubungan sesama jenis kelamin yang dianggap berbahaya untuk anak-anak yang difasilitasi games ini. Menurut aturan di Rusia, memperkenalkan konsep seperti ini lewat media apapun kepada anak di bawah umur dianggap sebagai tindak kriminal.

""Dengan demikian maka games ini hanya bisa dilihat atau dimainkan orang yang berusia 18 tahun ke atas. Sebab, dewasa dalam pengertian di negara lain adalah ketika seseorang berumur 18+.

Keputusan Federasi Rusia itu terungkap melalui akun resmi Twitter. "18+ telah ditetapkan sesuai dengan undang-undang Nomor 436-FZ untuk melindungi anak dari informasi yang berbahaya bagi kesehatan dan perkembangan mereka," kicau mereka.

Electronic Arts, publisher game, tidak diragukan lagi akan kecewa dengan keputusan tersebut apalagi seri The Sims seri secara umum menerima 12+ peringkat di Eropa dan ‘ T ‘ ( untuk Remaja ) di AS , tetapi tampaknya bahwa hukum 436 – FZ telah digunakan karena penggambaran permainan hubungan sesama jenis .

Ketika hukum pertama kali disahkan di Rusia pada tahun 2010, pada prinsipnya berhubungan dengan melindungi anak-anak dari jenis konten yang menyangkut kekerasan, penyalahgunaan narkoba, pornografi dan sebagainya. Namun, pada amandemen kedua, yang disahkan oleh Vladimir Putin pada 2013 , diklasifikasikan sebagai propaganda hubungan seksual non tradisional, sebagai berbahaya bagi anak-anak.