Search
Rabu 24 Juli 2024
  • :
  • :

Agar Tidak ke Meja Hijau, Google dan Samsung Mengikat Janji Hingga 10 Tahun ke Depan

MAJALAH ICT – Jakarta. Layaknya pasangan, Google dan Samsung nampaknya kian mesra. Bahkan, pasangan ini mengumumkan janji setia untuk bekerja sama hingga 10 tahun ke depan. Kerja sama keduanya menyangkut paten pengembangan teknologi dan paten-paten yang sudah ada.

Menurut Eungho Ahn, kepala Pusat Properti Intelektual Samsung, dalam sebuah pers rilisnya, kerja sama ini merupakan upaya yang dilakukan untuk menghindari kedua perusahaan berperkara di pengadilan. Ini nampaknya merupakan solusi yang dinilai tidak mencoreng perusahaan, dibanding perseteruan dengan Apple yang mengharuskan Samsung dan Apple bolak-balik ke meja hijau menyangkut pelanggaran paten. 

Hal itu juga diamini Allen Lo, kepala deputi konsultasi paten di Google. Menruut Allen, dua perusahaan besar pun bisa bekerja sama untuk menghindari perkara di pengadilan. "Dengan bekerja bersama melalui kesepakatan seperti ini, perusahaan dapat mengurangi potensi masalah hukum dan fokus pada inovasi," katanya.

Sebagaimana diketahui, memang antara Samsung dengan Google dan samsung dengan Apple agak ebrbeda hubungannya. Google dan Samsung selama beberapa tahun belakangan memang telah menjadi mitra kerja yang dekat. Sukses perangkat smartphone Samsung di pasaran dipicu juga oleh penggunaan sistem operasi Android milik Google. Dalam perjalanan kerja sama, memang beberapa kali ada masalah, namun keduanya tetap menjaga kemitraan. Dan dengan kerja sama tersebut, tentunya akan memperkuat hubungan mereka hingga 10 tahun ke depan.