Search
Kamis 23 Mei 2024
  • :
  • :

Akuisi Microsoft Terhadap Nokia Kelar, Petinggi Nokia Jadi Karyawan Microsoft

MAJALAH ICT – Jakarta. Proses akuisisi Nokia oleh Microsoft akhirnya selesai. Beberapa petinggi Nokia seperti Stephen Elop, Jo Harlow, Juha Putkiranta, Timo Toikkanen, dan Chris Weber, akan pindah ke Microsoft. Sementara Elop yang merupakan mantan CEO Nokia akan menjadi executive vice president di Devices Group Microsoft.

Selain ada yang bergabung jadi karyawan, dengan Microsoft memiliki mayoritas dari Nokia Devices & Services Division, beberapa pabrik dan pekerja Nokia akan juga di PHK dalam masa transisi.

Soal penamaan Nokia, berhembus kabar bahwa Microsoft akan mengganti nama Nokia menjadi Microsoft Mobile. Bukan hanya Nokia namanya diganti, namun juga logo Nokia yang sudah melegenda tersebut.

Selain itu, dikabarkan pula bahwa Kantor Pusat Nokia nantinya akan pindah dari di Keilalahdentie ke Keilaranta di Espoo, meski maish tetap di Finlandia.

Dengan akuisisi ini Microsoft akan memiliki semua hak, keuntungan dan obligasi dari divisi Nokia serta bisnis servis termasuk perjanjian dengan suplier.

Microsoft akan segera menyelesaikan proses akuisisi Nokia. Kesepakatan diharapkan selesai pada pekan ini, untuk kemudian dapat melangkah ke depan mengembangkan telepon pintar.

Diungkapkan Penasihat umum Microsoft Brad Smith seperti dilansir V3, pembelian Nokia ini diharapkan bisa mengukuhkan posisi Microsoft dalam industri ponsel. Dan, katanya, kesepakatan ini merupakan langkah besar bagi perusahaan.

"Penyelesaian akuisisi berikut perencanaanya menandai langkah kunci dalam perjalanan menuju sebuah integrasi,” katanya. Ditambahkannya, akuisisi ini akan membantu Microsoft mempercepat inovasi dan adaptasi pasar untuk Windows Phone.