Search
Senin 10 Mei 2021
  • :
  • :

Alibaba Cloud Dinobatkan Sebagai Platform FaaS Terbaik versi Lembaga Riset Forrester Wave

MAJALAH ICT – Jakarta. Alibaba Cloud, tulang punggung teknologi dan inteligensi digital Alibaba Group dinobatkan sebagai perusahaan terbaik dalam layanan Function-as-a-Service (FaaS). Penghargaan ini berdasarkan laporan berjudul The Forrester Wave™: Function-As-A-Service Platforms, Q1 2021. Menurut laporan tersebut, platform FaaS memudahkan para developers untuk membangun layanan mikro cloud-native dengan mengurangi kerumitan dalam pengelolaan dan peningkatan skala cluster container atau mesin virtual.

Alibaba Cloud dinobatkan sebagai salah satu dari tiga perusahaan terbaik di antara sembilan vendor global yang dievaluasi dalam riset Forrester. Di tiga kategori utama, yakni Produk dan Layanan, Strategi, dan Keberadaan Pasar – Produk FaaS dari Alibaba Cloud, Function Compute mendapatkan skor tertinggi (4,56 dari 5) dalam kategori Produk dan Layanan di antara sembilan perusahaan global lainnya. Produk Function Compute ini menyediakan platform bagi pelanggan untuk membuat kode aplikasi tanpa harus mengelola basis infrastrukturnya.

Function Compute juga mendapatkan skor tertinggi kedua dalam kategori Strategi (4,5 dari 5). Secara akumulatif, Function Compute mendapatkan skor setinggi mungkin dalam 29 kriteria, termasuk dalam hal model pemrograman, dukungan untuk beban kerja khusus, visi FaaS, peta jalan untuk pelaksanaan, strategi keterlibatan praktisi, strategi harga, distribusi geografis, dan pelanggan. Selain itu, Function Compute juga mendapatkan skor tertinggi dalam fitur keamanan dan dalam kriteria waktu eksekusi.

“Kami melihat bahwa Function Compute milik Alibaba Cloud telah diakui sebagai yang terbaik di pasar FaaS, terutama untuk pelanggan yang ingin memproses video-video yang berat atau menggunakan fungsi konkurensi yang didukung oleh model container-centric mereka,” kata Forrester dalam laporannya.

Kami percaya bahwa pengakuan terhadap Function Compute sebagai yang terbaik dalam evaluasi Forrester menunjukkan komitmen berkelanjutan Alibaba Cloud dalam mengembangkan penawaran FaaS dan memajukan klien kami,” kata Jeff Zhang, President Alibaba Cloud Intelligence. “Selama setahun terakhir, kami telah memperluas platform kami guna mendukung fungsi dan standar open-source serta beban kerja yang berpusat pada konten, terutama untuk konten-konten yang berat seperti video. Upaya ini telah mendapat pengakuan dari pelanggan kami dan perusahaan konsultan global seperti Forrester, dan ini merupakan kebangaan tersendiri bagi kami,” lanjut Jeff.

Forrester Wave mencatat pendapat pelanggan terkait Function Compute, dimana “pelanggan senang karena mereka dapat menskalakan hingga puluhan ribu instance dalam hitungan menit”. Laporan tersebut juga berkomentar bahwa cakupan internasional dari Function Compute Alibaba Cloud sedang dikembangkan dan sekarang telah berada di 10 wilayah dengan 21 zona ketersediaan, termasuk di Indonesiai.

Function Compute milik Alibaba Cloud dirilis pada tahun 2017 dan telah mengintegrasikan 30 layanan cloud yang membantu developers dalam membangun aplikasi online dan program mini dengan cepat, dan dapat mendukung berbagai bahasa coding.

Pada November tahun lalu, Alibaba Cloud juga dinobatkan sebagai pemimpin dalam laporan The Forrester Wave™- Public Cloud Development and Infrastructure Platform in China, pada laporan Q4 2020.

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *