Search
Minggu 14 Juli 2024
  • :
  • :

Alibaba Juga Uji Coba Pengiriman Paket dengan Drone

MAJALAH ICT – Jakarta. Alibaba, pasar online terbesar asal Cina, sedang melakukan tes tiga hari untuk mengirimkan paket menggunakan drone dalam waktu satu jam. Ini merupakan replikasi rencana yang dilakukan Amazon tahun lalu dimana perusahaan akan mengirimkan paket yang beratnya mencapai 340 gram dalam waktu satu jam untuk pelanggan yang tinggal dekat dengan lokasi distribusi perusahaan di Guangzhou, Beijing dan Shanghai.

Toko online Alibaba bekerja sama dengan perusahaan pengiriman Shanghai YTO Express untuk melaksanakan tes, yang menggunakan merek, quadcopters radio kontrol untuk mengirimkan paket ke sekitar 450 pelanggan.

Meskipun setiap paket kecil dengan berat kurang dari 340 gram dan secara teoritis dapat disampaikan, untuk saat tes hanya akan digunakan untuk pesanan dari merek tertentu teh jahe.

"Ini adalah kampanye di mana paket dapat dikirim ke kota-kota yang ditunjuk atau wilayah dalam waktu satu jam," kata perusahaan induk Alibaba kepada Forbes. "Kami tidak yakin tentang kemungkinan masa depan, tapi ini adalah percobaan layanan pengiriman drone pertama kami."

Alibaba tidak sendirian dalam menggunakan drone pengiriman, sebagai perusahaan kurir SF mengungkapkan, juga di Cina, telah menguji quadcopters untuk bekerja bersama armada skuter, van dan pesawat sejak 2013.