Search
Minggu 14 Juli 2024
  • :
  • :

AMD Akuisisi Silo AI untuk Perluas Solusi AI Perusahaan Secara Global

MAJALAH ICT – Jakarta. AMD (NASDAQ: AMD) hari ini mengumumkan penandatanganan perjanjian definitif untuk mengakuisisi Silo AI, laboratorium AI swasta terbesar di Eropa, dalam transaksi tunai senilai sekitar $665 juta. Perjanjian ini mewakili langkah signifikan lainnya dalam strategi perusahaan untuk menghadirkan solusi AI menyeluruh berdasarkan standar terbuka dan kemitraan yang kuat dengan ekosistem AI global. Tim Silo AI terdiri dari ilmuwan dan insinyur AI kelas dunia dengan pengalaman luas dalam mengembangkan model, platform, dan solusi AI yang disesuaikan untuk perusahaan-perusahaan terkemuka yang mencakup pasar komputasi cloud, embedded, dan endpoint. today announced the signing of a definitive agreement to acquire Silo AI, the largest private AI lab in Europe, in an all-cash transaction valued at approximately $665 million. The agreement represents another significant step in the company’s strategy to deliver end-to-end AI solutions based on open standards and in strong partnership with the global AI ecosystem. The Silo AI team consists of world-class AI scientists and engineers with extensive experience developing tailored AI models, platforms and solutions for leading enterprises spanning cloud, embedded and endpoint computing markets.
CEO CEO and co-founder Silo AI Peter Sarlin akan melanjutkan kepemimpinan tim Silo AI sebagai bagian dari AMD Artificial Intelligence Group, dan bertanggungjawab kepada AMD senior vice president Vamsi Boppana. Akuisisi ini diharapkan akan selesai pada paruh kedua tahun 2024.
“Di setiap industri, perusahaan mencari cara yang cepat dan efektif dalam mengembangkan dan menerapkan solusi AI untuk kebutuhan bisnis unik mereka,” kata Vamsi Boppana, senior vice president of the Artificial Intelligence Group, AMD. “Tim Silo AI yang terdiri dari para pakar AI terpercaya dan pengalaman yang telah terbukti dalam mengembangkan model dan solusi AI yang terdepan, termasuk LLM tercanggih yang dibangun di atas platform AMD, akan semakin mempercepat strategi AI kami dan memajukan pengembangan dan penerapan solusi AI secara cepat untuk pelanggan global kami.
Berbasis di Helsinki, Finlandia, dan beroperasi di Eropa dan Amerika Utara, Silo AI dengan spesialisasinya dalam solusi berbasis AI menyeluruh, akan membantu pelanggan mengintegrasikan AI dengan cepat dan mudah ke dalam produk, layanan, dan operasi mereka. Pekerjaan mereka mencakup pasar yang beragam, dengan pelanggan termasuk Allianz, Philips, Rolls-Royce dan Unilever. Silo AI juga menciptakan LLM multibahasa open source yang canggih, seperti Poro dan Viking, pada platform AMD selain platform model SiloGen.
“Di Silo AI, misi kami sejak awal adalah membangun perusahaan AI unggulan. Pengumuman hari ini merupakan langkah nyata berikutnya dalam upaya kami bekerja sama dengan AMD untuk membentuk masa depan komputasi AI,” kata Peter Sarlin, CEO dan salah satu pendiri Silo AI. “Kami memiliki sejarah panjang dalam membangun produk AI yang sukses dan memberikan nilai kepada pelanggan kami. Kami berharap dapat menjadi bagian dari AMD untuk lebih meningkatkan dampak kami dan mengembangkan solusi perusahaan dan model AI sehingga dapat mengatasi tantangan paling kompleks dengan penerapan AI dengan skala besar saat ini.”
“Sebagai perusahaan AI terkemuka di Eropa, Silo AI telah menjadi mitra jangka panjang yang baik bagi kami dalam banyak proyek terkait AI. Kami menantikan peningkatan kemampuan yang akan dihasilkan oleh kombinasi teknologi AI dan solusi komputasi inovatif dari AMD,” kata Nishant Batra, Chief Strategy and Technology Officer (CSTO), Nokia.
Silo AI menandai serangkaian akuisisi dan investasi perusahaan terbaru untuk mendukung strategi AMD AI. AMD telah menginvestasikan lebih dari $125 juta di puluhan perusahaan AI dalam 12 bulan terakhir dan juga mengakuisisi Mipsology dan Nod.ai untuk memperluas ekosistem AI AMD, mendukung mitra, dan memajukan platform komputasi AMD yang terdepan.
“Silo AI telah menjadi pionir dalam meningkatkan pelatihan model bahasa besar pada LUMI, superkomputer tercepat di Eropa yang didukung oleh lebih dari 12.000 GPU AMD Instinct MI250X,” kata Dr. Pekka Manninen Director of Science and Technology at CSC-IT Center for Science, Finland. “Bersama dengan kolaborator universitas, mereka telah melatih model open-source canggih untuk bahasa-bahasa UE, seperti model Nordic Poro dan Viking. Kami telah berkolaborasi secara ekstensif dengan tim dalam mengoptimalkan lapisan software, memungkinkan pelatihan model AI yang efisien di LUMI.”
“Satu tahun lalu, Combient bermitra dengan Silo AI, laboratorium AI terkemuka dengan 300 ilmuwan dan insinyur AI. Bersama Marcus Wallenberg, kami memulai Combient pada tahun 2015 untuk mempercepat digitalisasi dan adopsi AI untuk 38 perusahaan Nordik terbesar, dengan total omset sebesar €270 miliar, seperti H&M, IKEA, Saab, KONE, dan Ericsson,” kata Mats Agervi, CEO Combient. “Akuisisi hari ini menggarisbawahi kemampuan Silo AI, membuka peluang yang lebih luas untuk meningkatkan penciptaan nilai di Eropa dan sekitarnya.”