Search
Rabu 21 Februari 2024
  • :
  • :

AMD Tampilkan Momentum Pertumbuhan Solusi AI Bertenaga AMD dari Data Center hingga PC

MAJALAH ICT – Jakarta. Hari ini dalam acara “Advancing AI”, AMD (NASDAQ: AMD) bergabung dengan para pemimpin industri termasuk Microsoft, Meta, Oracle, Dell Technologies, HPE, Lenovo, Supermicro, Arista, Broadcom dan Cisco untuk menunjukkan bagaimana perusahaan-perusahaan ini bekerja dengan AMD untuk menghadirkan solusi AI canggih mulai dari cloud hingga perusahaan dan PC. AMD meluncurkan beberapa produk baru di acara tersebut, termasuk akselerator AI data center AMD Instinct™ MI300 Series, tumpukan open software ROCm™ 6 dengan optimalisasi signifikan, dan fitur-fitur baru yang mendukung Large Language Models (LLM) dan prosesor Ryzen™ 8040 Series dengan Ryzen AI.

“AI adalah masa depan komputasi dan AMD secara unik diposisikan untuk mendukung infrastruktur end-to-end yang akan menentukan era AI ini, mulai dari instalasi cloud besar-besaran hingga klaster perusahaan serta perangkat dan PC tertanam cerdas yang didukung AI,” ucap AMD Chair and CEO Dr. Lisa Su. “Kami melihat permintaan yang sangat tinggi terhadap GPU Instinct MI300 baru kami, yang merupakan akselerator performa tertinggi di dunia untuk AI generatif. Kami juga membangun momentum yang signifikan untuk solusi AI data center kami dengan perusahaan cloud terbesar, penyedia server terkemuka di industri, dan startup AI paling inovatif ꟷ yang bekerja sama dengan kami untuk segera menghadirkan solusi Instinct MI300 ke pasar yang akan mempercepat pertumbuhan secara signifikan. kecepatan inovasi di seluruh ekosistem AI .”

Memajukan AI Data Center dari Cloud ke Data Center Perusahaan dan Superkomputer
AMD bergabung dengan beberapa mitra selama acara tersebut untuk menyoroti adopsi yang kuat dan momentum pertumbuhan akselerator AI data center AMD Instinct. Microsoft merinci bagaimana mereka menerapkan akselerator AMD Instinct MI300X untuk mendukung seri Virtual Machine (VM) Azure ND MI300x v5 baru yang dioptimalkan untuk beban kerja AI.

Meta menyampaikan bahwa perusahaan menambahkan akselerator AMD Instinct MI300X ke data center mereka yang dikombinasikan dengan ROCm 6 untuk mendukung beban kerja inferensi AI dan mengakui optimalisasi ROCm 6 yang telah dilakukan AMD pada rangkaian model Llama 2.

Oracle mengumumkan rencana untuk menawarkan solusi komputasi bare metal OCI yang dilengkapi akselerator AMD Instinct MI300X serta rencana untuk menyertakan akselerator AMD Instinct MI300X dalam layanan AI generatif mereka yang akan datang.

Penyedia infrastruktur data center terbesar mengumumkan rencana untuk mengintegrasikan akselerator AMD Instinct MI300 ke dalam portofolio produk mereka. Dell mengumumkan integrasi akselerator AMD Instinct MI300X dengan solusi server PowerEdge XE9680 untuk menghadirkan kinerja inovatif untuk beban kerja AI generatif dalam format modular dan terukur bagi pelanggan. HPE mengumumkan rencana untuk menghadirkan akselerator AMD Instinct MI300 ke dalam penawaran perusahaan dan HPC. Lenovo menyampaikan rencana untuk menghadirkan akselerator AMD Instinct MI300X ke platform Lenovo ThinkSystem untuk menghadirkan solusi AI di seluruh industri termasuk ritel, manufaktur, layanan keuangan, dan perawatan kesehatan. Supermicro mengumumkan rencana untuk menawarkan GPU AMD Instinct MI300 di seluruh portofolio solusi AI mereka. Asus, Gigabyte, Ingrasys, Inventec, QCT, Wistron dan Wiwynn juga berencana menawarkan solusi yang didukung oleh akselerator AMD Instinct MI300.

Penyedia cloud AI khusus termasuk Aligned, Arkon Energy, Cirrascale, Crusoe, Denvr Dataworks, dan Tensorwaves semuanya berencana memberikan penawaran yang akan memperluas akses ke GPU AMD Instinct MI300X untuk pengembang dan startup AI.

Menghadirkan Platform Software AI yang Terbuka, Handal, dan Siap Pasar
AMD menyoroti kemajuan signifikan dalam memperluas ekosistem software yang mendukung akselerator data center AMD Instinct.

AMD meluncurkan versi terbaru dari tumpukan software open source untuk GPU AMD Instinct, ROCm 6, yang telah dioptimalkan untuk AI generatif, khususnya large language model. ROCm 6 menawarkan dukungan untuk tipe data baru, grafik tingkat lanjut dan optimasi kernel, perpustakaan yang dioptimalkan dan algoritma perhatian canggih, yang bersama-sama dengan MI300X memberikan peningkatan kinerja ~8x untuk latensi keseluruhan dalam pembuatan teks pada Llama 2 dibandingkan dengan ROCm 5 yang berjalan pada MI250.

Databricks, Essential AI dan Lamini, tiga startup AI yang membangun model dan solusi AI baru, bergabung dengan AMD di atas panggung untuk membahas bagaimana mereka memanfaatkan akselerator AMD Instinct MI300X dan rangkaian software open ROCm 6 untuk menghadirkan solusi AI yang berbeda bagi pelanggan perusahaan.

OpenAI menambahkan dukungan untuk akselerator AMD Instinct ke Triton 3.0, memberikan dukungan out-of-the-box untuk akselerator AMD yang memungkinkan pengembang bekerja pada tingkat abstraksi yang lebih tinggi pada hardware AMD.

Kepemimpinan yang Berkelanjutan dalam Memajukan PC AI
Dengan jutaan PC AI yang dikirimkan hingga saat ini, AMD mengumumkan kepemimpinan prosesor mobile baru dengan peluncuran prosesor AMD Ryzen 8040 Series terbaru yang menghadirkan kemampuan komputasi AI yang lebih baik lagi. AMD juga meluncurkan Software Ryzen AI 1.0, tumpukan software yang memungkinkan pengembang dengan mudah menerapkan aplikasi yang menggunakan model terlatih guna menambahkan kemampuan AI untuk aplikasi Windows. AMD juga mengungkapkan bahwa CPU “Strix Point” generasi berikutnya, yang direncanakan diluncurkan pada tahun 2024, akan menyertakan arsitektur XDNA™ 2 untuk memberikan peningkatan kinerja komputasi AI lebih dari 3x dibandingkan generasi sebelumnya yang akan memungkinkan pengalaman AI generatif baru. Microsoft juga bergabung untuk membahas bagaimana mereka bekerja sama dengan AMD dalam pengalaman AI masa depan untuk PC Windows.

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *