Search
Senin 15 Juli 2024
  • :
  • :

Android KitKat Molor Lagi, Diperkirakan Luncur 28 Oktober

MAJALAH ICT – Jakarta. Setelah ‘gagal’ meluncur pada 15 Oktober kemarin dan sempat diisukan akan luncur 18 Oktober ini, melalui Twitter resminya, OS Android KitKat mulai memberikan beberapa teka-teki waktu perilisannya. Seperti yang diinfokan dari Engadget, teka-teki pertama muncul dalam tweet 15 Oktober lalu. KitKat mengunggah sebuah gambar Android KitKat dengan bentuk tulisan "Everybody dance now! #AndroidKITKAT". Setelah diselidiki, itu merupakan salah satu judul lagu dari grup dansa dan hip-hop Amerika Serikat, C+C Music Factory yang juga terkenal dengan nama The 28th Street Crew. 

Keesokan harinya, tweet susulan muncul berupa gambar susunan coklat KitKat membentuk membentuk tulisan This is it dengan status "Sometimes you have to look for the signs.” Setelah ditelusuri, This is it yang telah diketahui merupakan film dokumenter yang mengisahkan tentang Michael Jackson juga dirilis pada tanggal 28 Oktober. Bisa jadi ini merupakan tanda bahwa Android 4.4 KitKat akan diluncurkan pada 28 Oktober nanti.

Sementara itu, screenshot atau gambar tampilan Android 4.4 yang lebih dikenal dengan Android KitKat mulai menampakan diri dan tersebar. Dalam beberapa gambar yang beredar, diperlihatkan bahwa Android versi ini  memiliki kotak notifikasi transparan.

Dari beberapa gambar, perubahan terjadi pada jendela aplikasi yang menunjukkan adanya tampilan 5 baris dari 4 aplikasi yang berjalan di atas wallpaper dimana tidak lagi menggunakan warna dasar hitam. Begitu juga Google Now yang dapat diakses dengan menggesekkan kiri dari tampilan depan. 

Disebut-sebut, Google akan memperkenalkan Android versi berikutnya dari platform sistem operasinya KitKat 15 Oktober ini. Penamaan KitKat yang selama ini dikenal masyarakat sebagai produk coklat, yang biasa dimakan ketika waktu senggang, sehingga slogan iklannya pun berbunyi "Ada Break, Ada KitKat".

""Menurut Senior Vice President Google dan Android, Sundar Pinchai, dinyatakan benar bahwa "KitKat” akan menjadi nama untuk sistem Android berikutnya. Penamaan KitKat karena coklat ini merupakan kesukaan tim Google. "Tujuan kami dengan Android KitKat untuk membuat pengalaman Android yang menakjubkan tersedia untuk semua orang," katanya. KitKat akan menjadi nama sistem Android 4.4.

Namun, bukan sengaja KitKat digunakan sebagai nama. Sebabnya, Nestle, produsen KitKat akan mengadakan acara promosi di 19 negara dimana 50 juta KitKat bar akan memasang maskot Android hijau di bungkusnya dan memberikan para pelanggannya kesempatan untuk memenangkan tablet Nexus 7 dan Google Play gift cards. Sebuah raksasa KitKat bertema patung maskot Android didirikan di Mountain View, berdiri di samping Android Jelly Bean dan Gingerbread.

Jika Google Antusias dengan penamaan KitKat, kompetitornya Nokia, menjadikannya bahan gurauan. Dalam sebuah gambar yang diunggah oleh akun Nokia Jerman, tampak sebuah smartphone Samsung Galaxy S III terbelah dua dengan slogan Kitkat "Have a break, have a… " tertera di bagian atasnya. Patahnya smartphone tersebut mirip dengan coklat Kitkat yang dalam iklannya sering kali dibelah di bagian tengahnya.
 
Berikut ini video penampakan KitKat: