Search
Selasa 25 Juni 2024
  • :
  • :

Aplikasi MasterCard Mungkinkan Bayar Belanja Online dengan Selfie

MAJALAH ICT – Jakarta.Mastercard akan memulai membiarkan pengguna layannya untuk membayar barang secara online dengan menggunakan wajah mereka bukan password. Setelah sudah diuji coba di Amerika Serikat dan Kanada, layanan, disebut Identity Check Mobile, meminta pelanggan untuk mengambil foto wajah mereka atau selfie untuk mengotentikasi pembelian online.

Pembeli menyiapkan aplikasi Identity check dengan mengambil selfie melalui smartphone mereka dan meng-upload foto ke Mastercard, yang kemudian menciptakan peta digital dari wajah mereka, siap untuk digunakan saat pembelian kebutuhan verifikasi.

Sejak saat itu, pengguna tidak lagi perlu memasukkan password lama untuk mengkonfirmasi pembelian online yang akan mengirimkan notifikasi ke ponsel mereka melalui selfie, pegang telepon, blink ketika diberitahu (sehingga Anda tidak dapat spoof dengan foto) dan Mastercard akan mengotorisasi pembayaran.

Hal ini mirip dengan sistem otentikasi dua faktor yang digunakan oleh Facebook, Twitter dan lain-lain, tapi meminta untuk foto daripada mengirim satu passcode ke ponsel Anda.

Mastercard mengklaim sistem akan "secara dramatis" mempercepat proses checkout secara online saat ini sementara "juga meningkatkan keamanan". Layanan ini sekarang sedang bergulir di seluruh Austria, Belgia, Republik Ceko, Denmark, Finlandia, Jerman, Hungaria, Belanda, Norwegia, Spanyol, Swedia dan Inggris. Mastercard mengatakan pembayaran selfie akan digunakan di seluruh dunia" dari awal 2017.

Ajay Bhalla, presiden risiko dan keamanan di Mastercard, mengatakan "Belanja secara pribadi telah merevolusi berkat kemajuan seperti kartu contactless, pembayaran mobile dan perangkat yang dapat dikenakan, dan sekarang kita membuat Identity Check Mobile untuk belanja online di Eropa dan segera, seluruh Dunia."