Search
Kamis 23 Mei 2024
  • :
  • :

Aplikasi Pengawasan APBD Juarai ‘Hackaton’ Jakarta

MAJALAH ICT – Jakarta. Aplikasi pengawasan Anggaran Pendapatan Daerah (APBD) berhasil menjadi jawara Hackathon Jakarta. Aplikasi yang diberi "Awasi, Pelajari Belanja Daerah (APBD)" ini berhasil mengalahkan 53 aplikasi pesaing lainnya yang ikut serta dalam kompetisi aplikasi bertajuk “Selamatkan Jakarta”.

Menurut Prasetyo Andy W, pembuat aplikasi, pembuatan aplikasi ini diawali dengan meminta data dari APBD Provinsi DKI Jakarta. Aplikasi APBD ini memungkinkan pengguna untuk memonitor penggunaan APBD. Masyarakat bisa ikut mengawasi penggunaan anggaran dan melaporkannya bila menemukan penyimpangan serta kejanggalan. Awalnya Prasetyo pesimis jika Pemda akan memberikan informasi yang dubutuhkan. "Ternyata pemerintah merespons acara ini dengan baik membuka data APBD untuk kompetisi,” katanya senang.

Aplikasi APBD mampu mengungguli PANTURA di posisi kedua dan APPAJA dan KIRI HACK JAK di posisi ketiga dan keempat. Para pemenang kompetisi ini akan disebarluaskan aplikasinya ke sejumlah toko aplikasi perangkat bergerak macam Google Play Store, Apple App Store, Windows Phone Store, dan Blackberry App World.

Sementara itu, untuk juara favorit diraih JAK APBD dan WAY BEE. Dengan aplikasi WAY BEE pengembang  mengajak warga Jakarta meninggalkan kendaraan pribadi dan beralih menggunakan bus Transjakarta. WAYBEE menampilkan perbandingan waktu tempuh dan biaya yang diperlukan untuk pergi ke suatu tujuan, antara memakai kendaraan pribadi dan bus Transjakarta.

Keempat pemenang utama berhak memperoleh hadiah uang dengan nilai total lebih dari Rp 50 juta, sementara dua juara favorit masing-masing mendapatkan laptop MacBook Pro 13 inci.