Search
Sabtu 18 Januari 2020
  • :
  • :

Apple akan Gunakan Pengenal Wajah 3D untuk Keamanan iPhone

MAJALAH ICT – Jakarta. Apple dilaporkan menguji sistem otentikasi pengguna baru yang menggunakan pengenalan wajah untuk memungkinkan Anda mengakses iPhone. Sistem ini akan menggunakan kamera depan iPhone untuk memindai wajah pengguna dan memungkinkan mereka melakukan tugas seperti masuk ke telepon atau memverifikasi pembayaran. Teknologi pemindaian potensial juga dapat mengintegrasikan deteksi mata untuk menambahkan lapisan keamanan lainnya dan akan didukung oleh sensor 3-D yang dapat memberikan akurasi pemindaian tambahan.

Seperti dilansir dari Bloomberg, Apple telah menginvestasikan banyak waktu ke dalam fitur pemindaian wajah. Secara teknologi, fitur ini mengacu pada lebih banyak informasi daripada ID Touch yang tahan sidik jari, yang membuatnya lebih aman dan juga dapat memasukkan pengguna ke telepon mereka dalam beberapa ratus milidetik. Menurut Bloomberg, fitur tersebut tidak dipastikan akan muncul di iPhone 8, namun Apple berniat untuk itu akhirnya mengganti Touch ID.

Garis fitur dengan rumor masa lalu tentang apa yang mungkin dimiliki oleh iPhone 8. Analis termasuk KGI Securities ‘Ming-Chi Kuo telah meramalkan bahwa iPhone 8 mungkin menyertakan sensor 3-D untuk pengenalan wajah dan kualitas gambar, meskipun laporan telah berbeda jika teknologi tersebut dapat digunakan untuk mendukung dorongan Apple baru-baru ini ke dalam kenyataan yang meningkat. Apple meluncurkan toolset ARKit untuk pengembang aplikasi awal tahun ini dan platform ini diharapkan menjadi bagian utama dari aplikasi iPhone yang akan datang.

Dorongan Apple untuk menggunakan metode login alternatif juga sesuai dengan tujuan desain yang lebih besar untuk iPhone. Sebagian besar spekulasi seputar iPhone 8 telah berkisar seputar pemindai sidik jari potensial yang bisa diintegrasikan langsung ke tampilan. Bagi Apple, keunggulan fitur ini akan dua kali lipat: Apple bisa menghapus sensor ID Sentuh fisik yang digunakan di iPhone dan memperluas tampilan ke ruang yang sebelumnya digunakan.

Namun, produsen pihak ketiga mengalami kesulitan dalam memproduksi teknologi ini pada tingkat konsumen dan skala: produsen komponen Qualcomm mendemonstrasikan teknologi ini di Mobile World Congress pekan lalu, namun mengatakan teknologinya tidak akan menyentuh ponsel konsumen sampai tahun depan. Tidak jelas apakah Apple akan bisa mengintegrasikan deteksi sidik jari berbasis display ke iPhone 8, namun jika pengenalan wajah dengan kesetiaan tinggi membuatnya masuk ke iPhone 8, Apple masih bisa mencapai tujuan desain yang lebih besar untuk memaksimalkan tampilan tanpa memerlukan ruang untuk Tombol login fisik

Apple juga bukan satu-satunya perusahaan yang telah meneliti metode login alternatif. Samsung telah menampilkan pengenalan wajah pada smartphone terbarunya, namun karena keterbatasan kinerja dan keamanan, perusahaan telah menghindari menggunakannya untuk memvalidasi pembayaran. Solusi pengenalan wajah sebelumnya umumnya dilakukan dengan cepat dan akurat, namun telah berjuang dengan persepsi mendalam dan terkadang dapat dibodohi dengan citra mata pengguna.

 

Loading...




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *