Search
Minggu 16 Juni 2024
  • :
  • :

Apple akan Mulai Investasi Bangun Pusat R&D pada 2017

MAJALAH ICT – Jakarta. Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengungkapkan bahwa Apple akan menjadikan Indonesia sebagai pusat R&D Apple di luar Amerika nomor dua setelah Brasil. Hal ini sebaga upaya Apple untuk memenuhi regulasi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) dan dapat memasarkan perangkatnya secara resmi di Indonesia.

Menurut Rudiantara, investasi yang dipersiapkan Apple ini akan mulai diimplementasikan mulai tahun 2017. Investasi tersebut juga akan melibatkan tiga kementerian, yaitu Kominfo, Perdagangan dan Perindustrian.

"Saya tidak bisa menyebut angkanya, karena itu urusan korporasi. Yang lebih penting, komitmennya untuk Indonesia sebagai pusat R&D Apple di luar Amerika nomor dua setelah Brasil," kata Rudiantara.

Saat ini, lanjutnya, Apple tengah dalam proses pengurusan perizinan guna memuluskan usahanya dalam memasarkan produknya secara resmi di Indonesia. Apalagi, tegas Chief RA, pihaknya tidak akan mengizinkan Apple memasarkan perangkatnya di Indonesia jika tidak merealisasikan investasinya pada 2017.

Ditambahkannya, investasi yang dikucurkan Apple di Indonesia tersebut tidak hanya dirasakan di wilayah Jakarta saja, tapi juga mencakup seluruh Indonesia.