Search
Kamis 23 Mei 2024
  • :
  • :

Apple Akhirnya Akuisisi Beats Seharga 3 Miliar Dolar AS

MAJALAH ICT – Jakarta. Setelah sempat tertunda, akhirnya Apple mengakuisisi produsen headphone Beats Audio. Rencana membeli Beats tersebut dengan nilai 3 miliar dolar AS atau sekitar Rp. 34,5 triliun. Lebih murah 200 juta dolar daripada dikabarkan sebelumnya.

Angka 3 miliar dolar AS itu dibagi dalam dua unit, dimana satu kali pembayaran sebesar 2,6 miliar dolar AS dan 400 juta miliar dolar AS sebagai investasi. CEO Apple Tom Cook mengatakan bahwa "Musik memiliki tempat spesial di dalam hati Apple. Dan dengan akuisisi ini kami dapat melanjutkan berkreasi produk dan layanan musik paling inovatif di dunia," katanya sebagaimana dilansir Businesswire.

Sebelumnya, sempat beredar kabar ketika baru saja rencana akuisisi diungkap, saham Apple yang anjlok membuar akuisisi agak sedikit mundur. Namun menurut Re/code, alasan itu bukanlah alasan mundurnya finalisasi akuisisi. Re/code mengungkapkan bahwa tertundanya akuisisi lebih karena masalah legal. Dan tidak ada kendala dengan kesiapan dari Dr Dre atau Iovine untuk hadir di depan publik saat WWDC Juni mendatang. 

Sementara itu, menurut Market Watch, setelah rencana akuisisi diumumkan, saham Apple turun 0,42% menjadi 585,54 dolar AS per lembarnya. Sebelumnya saham Apple mencapai 600 dolar AS. Penyebab turunnya disebut-sebut karena akuisisi Beats dinilai merupakan rencana bisnis yang buruk. Harga 3,2 miliar dinilai terlalu tinggi untuk perusahaan audio. Selain itu, sebenarnya Apple telah memiliki usaha musik melalui iPod dan layanan iTunes Music yang dinilai lebih baik dibandingkan Beats Electronics.