Search
Kamis 23 Mei 2024
  • :
  • :

Apple Mambantah Kebocoran Foto Bugil 100 Artis Lewat iCloud

MAJALAH ICT – Jakarta. Layanan iCloud dituding sebagai biang kebocoran foto bugil 100 artis dunia. Itulah yang kemudian Apple melakukan investasi terhadap layanannya. Dan hasilnya, seperti sudah diduga, Apple membantah bahwa iCloud bocor oleh ulah para peretas.

"Kami ingin memberikan update penyelidikan kami ke pencurian foto selebriti tertentu. Ketika kita mengetahui ada pencurian, kami marah dan segera memobilisasi insinyur Apple untuk menemukan sumber kebocoran. Privasi dan keamanan pelanggan kami yang sangat penting bagi kami," kata Apple.

"Setelah lebih dari 40 jam dari penyelidikan, kami telah menemukan bahwa akun selebriti tertentu terganggu dengan serangan yang sangat ditargetkan pada nama pengguna, password dan pertanyaan keamanan, sebuah praktek yang telah menjadi terlalu umum di Internet. Tak satu pun dari kasus yang ada dari hasil penyelidikan dikarenakan adanya pelanggaran dalam sistem Apple termasuk iCloud atau iPhone. Kami terus bekerja sama dengan penegak hukum untuk membantu mengidentifikasi penjahat yang terlibat," tambah perusahaan berlambang Apple ‘tergigit’ tersebut.

Sebagaimana diberitakan, beredarnya bocoran foto bugil pemeran wanita utama dalam film "Gunger Games, Jennifer Lawrence, serta beberapa selebriti lainnya seperti Kate Upton, disinyalir berasal dari penyimpanan data para selebritis tersebut dalam fasilitas cloud yang disediakan Apple, iCloud.

Hacker anonim yang awalnya mengumumkan gambar-gambar tersebut pada forum internet terkenal 4Chan mengklaim gambar selebriti seperti Lawrence, Upton, Ariana Grande, dan Kirsten Dunst diambil dari akun iCloud mereka.

Tentu saja, hal ini membuat para pengguna iCloud yang merupakan komputasi awan besutan Apple ini khawatir. Apple sendiri belum berkomentas apa-apa, namun setelah kasus ini merebak, Apple sedang melalui upaya penambalan sistem keamanan iCloud.

Jennifer Lawrence telah dikonfirmasi dan tidak begitu yakin bahwa sumber kebocoran dari iCloud yang diretas hacker. Kebocoran iCloud memang diungkap para peretas foto-foto selebriti tersebut.