Search
Selasa 21 Mei 2024
  • :
  • :

Apple Mulai Menghapus Aplikasi yang Bahayakan Keamanan Pengguna

MAJALAH ICT – Jakarta. Apple mengatakan menarik "beberapa aplikasi dari App Store, menyusul kekhawatiran bahwa keamanan data pribadi beberapa pengguna bisa menjadi rentan. Aplikasi dihapus telah memasang sertifikat root yang dapat mengekspos data pemantauan oleh pihak ketiga.

Sertifikat rute data pengguna ke server di tempat yang dapat dianalisis, memberikan penyedia jaringan kesempatan untuk melihat lalu lintas data dienkripsi, yang dapat menyebabkan pelanggaran data.

Dalam sebuah pernyataan kepada Reuters, juru bicara Apple mengatakan perusahaan sedang "bekerja sama dengan pengembang untuk dengan cepat mendapatkan aplikasi mereka kembali di App Store, sambil memastikan privasi pelanggan dan keamanan tidak berisiko" dan bahwa dukungan halaman akan diluncurkan untuk membantu pengguna menghapus aplikasi dari perangkat mereka.

Meskipun Apple tidak mengatakan aplikasi mana yang dihapus atau berapa banyak, disebut-sebut bahwa aplikasi yang ditarik dari App Store meliputi Facebook, Google, Yahoo, dan aplikasi Pinterest.

Bulan lalu, rilis Apple iOS 9 menyebabkan peningkatan tajam dalam popularitas aplikasi pemblokir iklan, setelah dukungan untuk produk tersebut telah ditambahkan dalam rilis platform terbaru. Tidak mengherankan, aplikasi tersebut menjadi subyek kritik keras dari penerbit online, yang menggunakan iklan untuk menghasilkan pendapatan daripada langsung pengisian pengguna untuk mengakses konten.

Pada bulan yang sama, malware dijuluki XcodeGhost ditemukan tertanam di ratusan aplikasi iPhone dan iPad, meskipun tidak jelas apakah itu terbukti menjadi ancaman keamanan yang serius.