Search
Rabu 17 April 2024
  • :
  • :

Asa Nokia Lewat Nokia Asha 210

MAJALAH ICT – Jakarta. Dalam 4 tahun terakhir, penjualan Nokia meredup, terutama seiring dengan dibanjirinya pasar Indonesia dengan BlackBerry dan sejumlah ponsel Android. Nokia, lewat Nokia Asha 210 mencoba

menggali kembali kejayaannya dengan fitur khusus dual SIM serta tombol khusus untuk akses cepat ke jejaring sosial atau aplikasi sosial.

""Nokia Asha 210 dengan Qwerty akan dijual di Indonesia dengan harga ritel Rp 699.000 dan akan hadir dalam warna merah, kuning, cyan, hitam, magenta dan putih.

Asha 210 menyediakan tombol yang disebut tombol Gaul, tombol ini sejatinya merupakan shortcut untuk memudahkan konsumen untuk mengakses aplikasi tertentu atau Internet, yang menarik Anda bisa mengatur tombol ini sebagai akses cepat untuk Facebook, WhatsApp, Twitter atau untuk peramban/browser.

Asha 210 juga dilengkapi kamera 2MP, pengguna bisa mengakses kamera meski ponsel terkunci. Fitur Smart Camera, Smart Portrait (panduan suara untuk memfoto self portrait) dan fasilitas mengedit foto langsung dari aplikasi kamera disediakan pula di ponsel ini.

Nokia juga menghadirkan fitur untuk berbagi foto, video dan konten lainnya dengan ponsel lain tanpa harus pairing menggunakan bluetooth, teknologi yang memungkinkan hal ini adalah teknologi inovatif SLAM. Nokia Xpress Browser dan Nokia Nearby juga telah disematkan pada ponsel ini.

Selain itu Nokia juga bekerja sama dengan Telkomsel untuk melakukan bundling paket data serta fasilitas potong pulsa untuk pembelian aplikasi. Berbagai aplikasi bisa dibeli lewat Nokia Store, termasuk berbagai aplikasi lokal. Disebutkan bahwa ada 120.000 aplikasi untuk Asha Platform dan S40, 6.000 diantaranya aplikasi lokal.

Sistem operasi yang digunakan untuk ponsel ini adalah S40. Teknologi easy swap juga disematkan dalam ponsel Dual SIM ini, yang memudahkan berganti kartu tanpa harus mematikan ponsel. Aplikasi bawaan yang telah disediakan antara lain WhatsApp, LINE serta game seperti FIFA 13, Need for Speed Shift, Medal of Honor dan Beheweled secara gratis.

Sedangkan untuk paket bundling dengan Telkomsel disediakan antara lain paket satu bulan data gratis yang mencakup gratis bonus 60 menit bicara, 60 SMS dan 500 MB akses data. Jika mengaktifkan lewat menu *303*1# pengguna juga bisa menikmati akses gratis ke Facebook.

Ponsel Nokia Asha 210 sudah mulai tersedia di Indonesia awal Agustus ini.



Tulisan ini dan informasi-informasi mengenai perkembangan ICT Indonesia lainnya dapat dibaca di Majalah ICT Edisi No. 15-2013 di sini