Search
Sabtu 13 Juli 2024
  • :
  • :

ASUS Transform, Transformasi ASUS untuk Industri Mobile Computing

MAJALAH ICT – Jakarta. ASUS, memperkenalkan rangkaian produk terbarunya yang akan dipasarkan mulai akhir tahun 2013 ini. Jajaran produk-produk tersebut bertujuan untuk mengubah (transformasi) cara kita memandang bagaimana penggunaan komputer dalam kehidupan kita sehari-hari.

Di industri notebook sendiri, posisi ASUS sudah sangat kuat. Di segmen konsumer notebook kawasan Asia Pasifik (di luar Jepang dan China), ASUS sudah meraih posisi kedua sejak tahun 2012 lalu. Kini posisinya semakin kuat dengan pangsa pasar 15,63 persen, terpaut sekitar 2 persen dengan posisi pertama. Hal serupa juga terjadi di kawasan Asia Tenggara. Di kawasan tersebut, ASUS menguasai pasar dengan 23,47%. 

Di segmen notebook consumer Indonesia, jika pada tahun 2011 lalu ASUS berada di posisi ketiga dengan pangsa pasar 14,53% dan naik ke posisi kedua pada tahun 2012 dengan 21,14%, menurut data terbaru IDC, ASUS sudah memuncaki pasar tersebut di Indonesia di 2013 ini. Dari data 3 kuartal 2013 oleh IDC, tercatat bahwa ASUS menguasai pangsa pasar terbesar dengan 27,23%.

"Meski demikian, industri terus berubah, demikian pula cara pengguna menikmati perangkat komputasi mobile dalam kehidupan mereka sehari-hari," kata Rex Lee, Regional Director ASUS South East Asia. "Untuk itu, hari ini kami menghadirkan lini produk multifungsi kita yang kami yakin akan memberikan pengalaman yang lebih dari yang mereka rasakan sebelumnya," ucapnya.

Perangkat yang memiliki multifungsi sendiri dari tahun ke tahun terus tumbuh berkembang. ASUS sudah menghadirkan perangkat misalnya yang mengombinasikan fungsi smartphone dan tablet dalam produk ASUS PadFone dan mengombinasikan notebook dan tablet dalam wujud Transformer Book. Kini ASUS memperkenalkan perangkat yang mengombinasikan antara notebook, tablet, dan PC desktop sekaligus dalam wujud Transformer Book Trio.

Transformer Book Trio, It’s a Laptop. It’s a Tablet. It’s a Desktop PC

Perangkat ini merupakan sebuah ultraportable jenis baru yang memiliki desain inovatif yang bisa digunakan oleh satu orang sebagai notebook, ataupun digunakan sekaligus oleh dua orang, sebagai tablet dan desktop PC. Dengan kemampuan untuk beralih antara Windows 8 dan Android hanya dengan menekan satu tombol, Transformer Book Trio menawarkan fleksibilitas yang belum pernah ada sebelumnya bagi pengguna yang membutuhkan seluruh perangkat komputasi. Notebook, tablet dan PC desktop sekaligus.

"Sistem dua prosesor, dua OS dan dua storage yang digunakan oleh ASUS Transformer Book Trio hadir dalam desain metalik yang cantik dan kokoh," kata Juliana Cen, Manager of Product Management and Marketing ASUS Indonesia. "Ia diperkuat oleh prosesor Intel Core generasi ke-4 untuk performa multi-tasking yang mulus dan efisiensi energi luar biasa pada Windows 8 dalam modus notebook," ucapnya.

Bersamaan dengan Transformer Book Trio, ASUS juga memperkenalkan Transformer Book T100 yang merupakan perangkat 2-in-1 dan lini produk notebook premiumnya yakni ASUS Zenbook.

Transformer Book T100. Beli Notebook Dapat Tablet

Ultra portable, ringkas, diperkuat prosesor quad core Intel Atom Bay Trail dengan layar HD 10,1 inci, notebook ASUS Transformer Book T100 bisa digunakan sebagai tablet Windows 8.1 yang independen. Dengan desain menarik, Transformer Book tak hanya menjadi sebuah notebook yang ultra ringan, yakni hanya 1,07Kg, tetapi bisa juga menjadi salah satu tablet 10 inci yang ultra ringan, dengan bobot hanya 550 gram.

"ASUS Transformer Book T100 merupakan notebook ultra portabel dengan prosesor quad core yang cocok bagi mereka yang membutuhkan fitur produktivitas dari sebuah notebook namun dengan portabilitas yang tinggi seperti yang ditawarkan tablet," sebut Juliana. "Transformer Book T100 juga dilengkapi dengan fleksibilitas untuk berpindah dari modus notebook ke tablet dan sebaliknya secara instan," ucapnya.

Zenbook, Stunning, Stylish & Extremely Scratch Resistance

ASUS memperbarui lini produk Zenbook, ultrabook premiumnya, dengan menghadirkan Zenbook UX301 dan UX302. Dua produk terbaru ini menghadirkan desain yang indah dan penutup yang dilindungi oleh lapisan anti gores Corning Gorilla Glass 3. "Zenbook UX301 dan UX302 merupakan ultrabook generasi berikutnya yang dibuat berdasarkan desain Zenbook yang berhasil meraih banyak penghargaan setelah diluncurkan tahun 2011 lalu," kata Juliana.

Tetap dengan desain metallic spun pada penutup yang menjadi ciri khas Zenbook, ASUS menambahkan lapisan Corning Gorilla Glass 3 untuk meningkatkan cita rasa premium. Corning Gorilla Glass 3 memiliki daya tahan dan ketipisan sama dengan Gorilla Glass 2 namun dengan fitur Native Damage Resistance. Corning Gorilla Glass 3 menawarkan kekuatan anti gores tiga kali lebih superior, mengurangi penampakan goresan hingga 40 persen.

Selain menghadirkan lini produk transformasi di atas, ASUS juga tetap menghadirkan produk notebook mainstream untuk penggunanya. Adapun model yang sudah dihadirkan di pasaran Indonesia adalah X200 dan A450 series. Meski dihadirkan untuk segmen mainstream, lini produk ini juga hadir untuk memperkaya keseharian pengguna dengan tampilan dan desain yang premium dan penuh warna.

X200, Notebook 11,6" yang Tipis, Ringan dan Penuh Warna

Notebook ini ditujukan untuk memudahkan pengguna yang kerap memanfaatkan notebook untuk saling berhubungan dengan keluarga atau rekan-rekan, serta sering menggunakan internet untuk membantu menuntaskan pekerjaan ataupun sebagai media hiburan.

Sebagai sebuah notebook mungil, X200 menggunakan layar sebesar 11,6" dengan display yang mendukung resolusi HD (1366×768). Ia juga memiliki bobot yang sangat ringan, hanya 1,2Kg saja. Ukuran yang ringkas dan bobot yang sangat ringan tentu sangat esensial bagi pengguna.

Untuk menyempurnakan penampilan dan gaya hidup penggunanya, ASUS X200 juga hadir dengan empat pilihan warna cerah yakni Pure White dan Aluminium Black yang dibalut dengan tekstur khusus di permukaannya, serta Sapphire Blue dan Vivid Red dengan permukaan glossy yang berkesan elegan.

ASUS A450, Desain Lebih Tipis 35%

Sebagai perangkat kerja mobile yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna dalam menuntaskan berbagai tugas di manapun ia berada, lini produk ini juga memiliki fungsi lain. Yakni sebagai perangkat pemenuh kebutuhan gaya hidup.

Sebagai generasi penerus seri A45 Multicolor yang hadir dengan warna-warna elegan, ASUS A450 series tampil dengan empat pilihan warna yang lebih atraktif. Pengguna bisa memilih warna mulai dari Galaxy Black, Cool White, Chill Blue, sampai Passion Red sesuai kebutuhan gaya hidup mereka.

Tak hanya warna yang atraktif, A450 series juga dibalut desain yang lebih menawan dan premium dibanding sebelumnya. Sebagai contoh, permukaan casing notebook diberi tekstur yang spesial, khas sentuhan desain ASUS. Selain itu, ASUS juga menggunakan material aluminium pada bagian keyboard dan palmrest untuk meningkatkan cita rasa premiumnya. Dari sisi dimensi, ASUS berhasil mempertipis lini produk ini hingga 5 persen dibandingkan dengan seri sebelumnya.