Search
Selasa 21 Mei 2024
  • :
  • :

Aturan Pajak Barang Mewah untuk Semua Harga Ponsel akan Terbit Sebelum Oktober

MAJALAH ICT – Jakarta. Pemerintah memastikan bahwa aturan mengenai Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) untuk telepon seluler akan terus jalan. Bahkan aturan ini akan terbit sebelum Oktober tahun ini. Demikian dikatakan Menteri Perindustrian MS Hidayat .

Menurut Hidayat, meski aturan ini masih dibahas dan baru sebatas wacana, namun direncanakan akan selesai sebelum posisinya sebagai menteri berakhir. "Saya berjanji ini akan menjadi pekerjaan yang harus selesai sebelum pemerintahan berakhir," ujar Hidayat. Adapun pergantian Kabinet baru diperkirakan akan dilakukan pada Oktober mendatang.

Dijelaskan Hidayat, tujuan utama dari PPnBM adalah untuk menekan impor yang merangsang industri ponsel dalam negeri untuk berkembang. Dan untuk itu akan ada aturan lain yang mengikuti, yaitu registrasi IMEI dan cukai ponsel. "Ada PPnBM, lalu melalui sistem cukai handphone-nya, dan ada registrasi IMEI. Ketiga rencana aturan tersebut masih dibahas di tingkat pemerintah. Dibahas juga kemungkinan banyaknya ponsel ilegal yang masuk jika aturan tersebut diberlakukan," jelasnya.

Mengenai batasan ponsel mana yang kena PPnBM, dijelaskannya, awalnya Kementerian Perindustrian mengusulkan agar  PPnBM hanya berlaku untuk ponsel di atas Rp 5 juta. Namun setelah melakukan koordinasi dengan Menteri Perdagangan M Luthfi, maka disepakati semua jenis telpon seluler dikenai PPnBM.