Search
Kamis 18 April 2024
  • :
  • :

Avelon, Nama Baru Penggabungan XL-AXIS?

MAJALAH ICT – Jakarta. Menteri Kominfo Tifatul Sembiring pada tanggal 28 November 2013 akhirnya telah memberikan persetujuan terhadap permohonan merger – akuisisi yang dilakukan oleh PT XL Axiata dengan PT Axis Telekom Indonesia. Persetujuan tersebut tertuang dalam surat Menteri Kominfo No. 1147/M.KOMINFO/UM.01.01/11/2013 tertanggal 28 November 2013 yang juga ditembuskan kepada Kepala BKPM.

Menurut Kepala Informasi dan humas Gatot S. Dewa Broto dalam Siaran Pers nya, surat tersebut intinya menyebutkan, bahwa dengan memperhatikan bahwa pada dasarnya permohonan merger-akuisisi PT XL Axiata dengan PT Axis Telekom Indonesia  ini sejalan dengan visi pemerintah mengenai perlunya dilakukan konsolidasi untuk lebih menyehatkan industri telekomunikasi.

Rumor konsolidasi antara XL Axiata dan Axis Telekom Indonesia sudah lama berhembus. Bahkan bukan cuma apakah mereka akan dan benar berkonsolidasi, namun hingga nama perusahaan baru penggabungan dua usaha ini pun muncul ke permukaan. Dikabarkan, setelah merger keduanya adakan berganti "baju" menjadi Avelon. 

Munculnya nama Avelon, diketahui karena sesungguhnya ini merupakan nama proyek untuk menggolkan rencana besar Axiata melakukan ekspansi pasar dan menjawab keterbatasan frekuensi 3G di Indonesia, yang nantinya akan dilanjutkan pengembangan ke teknologi generasi terbaru, 4G LTE. 

Menurut Insider Stories, "Penggabungan ini akan membuat sehatnya kompetisi di Indonesia akan pasar seluler yang sudah riuh, dimana 10 operator bertarung di pasar, dan terjadinya perang tarif."