Search
Rabu 21 Februari 2024
  • :
  • :

B2B Food-Service Startup EdenFarm Jalin Kolaborasi dengan INDICO untuk Digitalisasi Pertanian

MAJALAH ICT – Jakarta. Sukses meraih pendanaan sebesar US$13,5 juta dalam putaran Pra-Seri B terbaru yang dipimpin oleh Telkomsel Mitra Inovasi (TMI), EdenFarm, startup food service B2B, menjajaki kolaborasi dengan INDICO, anak usaha Telkomsel yang fokus mengembangkan ekosistem digital di Indonesia, untuk memperkuat digitalisasi teknologi pertanian.

Kolaborasi EdenFarm dan INDICO dimantapkan melalui penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding / MoU) antara David Setyadi Gunawan, selaku Founder & CEO EdenFarm dan Andi Kristianto selaku CEO INDICO, di Eden Collection Facility (ECF) Brebes, Jawa Tengah. Penandatanganan MoU juga disaksikan Mia Melinda, selaku CEO Telkomsel Mitra Inovasi, dan James sebagai Chief of Technology EdenFarm. Dalam nota kesepahaman disebutkan bahwa kedua perusahaan akan menjalin hubungan bisnis untuk implementasi teknologi platform digitalisasi pertanian untuk pengelolaan dan monitoring kegiatan pertanian, guna meningkatkan produktivitas mitra tani EdenFarm, dan mendukung pengembangan ekosistem pertanian digital di Indonesia.

“Kami sangat antusias dengan hadirnya TMI dalam jajaran investor kami di putaran pra-seri B lalu, yang tidak hanya mampu mendukung secara pendanaan tetapi juga menawarkan berbagai kerjasama yang bermanfaat bagi kemajuan bisnis EdenFarm. Salah satu dukungan tersebut kini diwujudkan melalui penjajakan kemitraan dengan INDICO untuk mengembangkan digitalisasi pertanian untuk mendukung produktivitas mitra tani EdenFarm dan memastikan ketersediaan supply bagi mitra bisnis kami,” ujar David Setyadi Gunawan, Chief Executive Officer EdenFarm.

Memiliki misi yang berfokus dalam mengutamakan perkembangan usaha para partner, EdenFarm selalu berupaya untuk memberikan pelayanan yang terbaik, menjawab setiap tantangan dengan berbasis teknologi, serta mendukung kegiatan operasional secara efisien. Untuk menjalankan misi-misi tersebut, sebelumnya EdenFarm juga telah menggandeng berbagai pihak termasuk untuk kerjasama penelitian teknologi, pendanaan petani, dan digitalisasi pembayaran.

“Kolaborasi dengan EdenFarm menjadi salah satu upaya kami dalam mengembangkan ekosistem digital di sektor pertanian. Dengan memanfaatkan aset Telkomsel, kami optimis bisa memberikan kontribusi signifikan yang akan meningkatkan kesejahteraan petani, sekaligus memperkuat ketahanan pangan nasional,” jelas Andi Kristianto, CEO INDICO.

Kolaborasi dengan EdenFarm menjadi inisiatif baru INDICO di sektor teknologi agrikultura (agritech) dalam dua bulan terakhir. Pada Maret 2023, INDICO juga menggandeng Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Tani Makmur dalam digital contract farming. Dalam pilot project tersebut, INDICO akan mengimplementasikan solusi pertanian berbasis teknologi di 40 hektar lahan sawah di Kecamatan Selogiri, Wonogiri, Jawa Tengah. Para petani di wilayah tersebut akan mempelajari teknik pertanian modern memanfaatkan teknologi Telkomsel Internet of Things (IoT) dan digitalisasi ekosistem pertanian.

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *