Search
Sabtu 13 Juli 2024
  • :
  • :

Bahan Graphene Bisa Bikin Internet 100 Kali Lebih Cepat

MAJALAH ICT – Jakarta. Bahan graphene bisa memberikan keajaiban dimana internet bisa seratus kali lebih cepat. Penggunaan graphene dalam telekomunikasi secara dramatis dapat mempercepat kecepatan internet hingga seratus kali, menurut penelitian baru oleh para ilmuwan di University of Bath.

Dalam sebuah makalah yang diterbitkan di Physical Review Letters, peneliti dari Pusat Ilmu Grafena di Universitas Bath dan Exeter telah menunjukkan untuk pertama kalinya tingkat respons optik sangat pendek menggunakan graphene, yang bisa membuka jalan bagi sebuah revolusi dalam telekomunikasi.

Setiap hari sejumlah besar informasi yang dikirim dan diproses melalui perangkat optoelektronik seperti serat optik, photodetectors dan laser. Sinyal yang dikirim oleh foton pada panjang gelombang inframerah dan diolah dengan menggunakan switch optik, yang mengubah sinyal menjadi serangkaian pulsa cahaya.

Biasanya switch optik merespon pada tingkat beberapa picoseconds – sekitar seper detik. Melalui studi ini fisikawan telah mengamati tingkat respon dari saklar optik menggunakan ‘layer graphene sedikit’ berada di sekitar seratus femtosekon – hampir seratus kali lebih cepat daripada bahan saat ini.

Graphene adalah hanya satu atom tebal, tapi sangat kuat. Para ilmuwan telah menyarankan bahwa itu akan mengambil gajah, seimbang pada pensil untuk menerobos satu lembar. Sudah dijuluki bahan keajaiban karena biaya kekuatan, ringan, fleksibilitas, dan konduktivitas rendah, sekarang bisa masuk pasar untuk secara dramatis meningkatkan telekomunikasi.

Mengomentari temuan utama laporan itu, peneliti utama Dr Enrico Da Como mengatakan: "Kami telah melihat tingkat respons optik ultrafast, menggunakan ‘-layer graphene sedikit’, yang memiliki aplikasi menarik untuk pengembangan optoelektronik kecepatan tinggi komponen berdasarkan graphene. Ini adalah respon yang cepat di bagian inframerah dari spektrum elektromagnetik, di mana banyak aplikasi dalam kedokteran telekomunikasi, keamanan dan juga sedang mengembangkan dan mempengaruhi masyarakat kita. "

Co-Direktur Pusat Ilmu Pengetahuan Grafena di Bath, Profesor Simon Bending menambahkan:. "Semakin kita mengetahui tentang graphene lebih luar biasa sifat-sifatnya tampaknya penelitian ini menunjukkan bahwa ia juga memiliki sifat optik yang unik yang dapat menemukan aplikasi baru yang penting . "

Dalam jangka panjang penelitian ini juga bisa mengarah pada pengembangan laser kaskade kuantum didasarkan pada graphene. Quantum cascade laser laser semikonduktor yang digunakan dalam pemantauan polusi, keamanan dan spektroskopi. Layer graphene bisa muncul sebagai platform yang unik untuk aplikasi yang menarik.