Search
Selasa 16 April 2024
  • :
  • :

Bangun Data Center di Pekanbaru, XL Serius Bisnis Cloud Computing

MAJALAH ICT – Jakarta. PT XL Axiata secara resmi membuka XL Data Center Pekanbaru. Ini menunjukkan bahwa XL makin serius menekuni bisnis data center dan cloud computing yang baru digelutinya. Pembangunan dta center ini dibangun seiring maraknya pertumbuhan bisnis di beberapa sektor utama di provinsi Riau khususnya dan pulau Sumatera pada umumnya.

Menurut Chief Digital Services Officer XL, Dian Siswarini, Data center tersebut berdiri di atas lahan seluas lebih dari 4.500 m2. Di lahan tersebut berdiri 3 lantai bangunan dengan total luas mencapai 5.100 m2. "Ini untuk pertama kalinya, kota Pekanbaru dan Provinsi Riau memiliki Data Center berstandard internasional. XL Data Center ini dibangun untuk menjawab kebutuhan akan bisnis layanan keamanan data bagi kalangan bisnis dan pemerintahan yang ada," ungkap Dian.

Dijelaskan Dian, fasilitas data center ini juga sudah dilengkapi dengan sumber listrik dari PLN sebesar 3.150 kVA, genset, UPS, sistem piranti lunak untuk mengatur dan mengendalikan listrik, serta ruangan server berstandard internasional. Selain itu lokasinya dekat dengan fasilitas umum, seperti bandar udara, kantor polisi, rumah sakit, dan hotel.

"Dengan dibukanya XL Data Center Pekanbaru ini, XL siap melayani pasar korporasi yang ada di Provinsi Riau dan Pulau Sumatera pada umumnya," tambah Dian. Ditambahkannya, data center XL ini didukung oleh jaringan yang terkoneksi melalui microwave dan serat optik XL yang telah terbuki terjamin, baik dari sisi kecepatan maupun kestabilannya. XL menargetkan dapat melayani lebih dari 10 korporasi pada tahun 2014 nanti untuk data center tersebut.