Search
Selasa 16 April 2024
  • :
  • :

Bank Tutup, BI Himbau Masyarakat Gunakan Ponsel untuk Transaksi

MAJALAH ICT – Jakarta. Menjelang Hari Raya Idul Fitri, banyak bank tutup. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam transaksi keuangan yang sangat tinggi khusus untuk transfer, Bank Indonesia (BI) menghimbau agar masyarakat memanfaatkan layanan tranfer lewat telepon seluler (ponsel). Hal ini untuk memudahkan transaksi.

Demikian dikatakan Deputi Gubernur BI Ronald Wass. Menurut Ronald, dengan adanya kemajuan teknologi dan juga mempertimbangkan penetrasi ponsel yang sangat tinggi dewasa ini, maka masyarakat dapay menggunakan layanan Person to Person transfer (P to P transfer) yang sudah diresmikan sejak 15 Mei lalu dimana layanan tersebut disediakan oleh operator seluler dan bisa lintas operator Telkomsel, XL Axiata dan Indosat. 

"Saya harap menjelang lebaran ini, transfer uang elektronik P to P transfer lintas operator selular bisa menjadi alternatif pengiriman uang dari mana saja dan kapan saja, sampai ke remote area. Sejak awal implementasi Layanan P to P Transfer lintas operator selular ini telah tercatat 218 transaksi dengan nominal Rp6.268.555," ungkapnya.

Menurut ronald, kolaborasi lintas operator telekomunikasi ini merupakan salah satu bentuk upaya dalam meningkatkan less cash society dan juga mempercepat keuangan inklusif di Indonesia sendiri. Hadirnya layanan ini yakni untuk memperluas jaringan layanan uang elektronik di Indonesia serta menyediakan layanan yang lebih cepat, mudah, efektif dan juga efisien.

Ditargetkan, sampai dengan akhir tahun 2013 ini, sebanyak 50 ribu transaksi dengan jumlah nominal transaksi diharap bisa menembus angka Rp1 miliar, mengingat pengguna seluler di Indonesia masih sangat berpotensi besar. "Saya optimistis karena potensinya itu memang ada, hanya tinggal menggerakkan kepercayaan masyarakat untuk mau menggunakan fitur transfer uang elektronik antarpengguna telepon seluler," yakin Ronald.