Search
Kamis 23 Mei 2024
  • :
  • :

Bayangi Telkomsel, XL juga Uji Jaringan untuk Persiapan Lebaran

MAJALAH ICT – Jakarta. Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran merupakan pertarungan kualitas jaringan para operator. Karena itu, penyelenggara telekomunikasi khususnya seluler berlomba untuk mempersiapkan jaringan, agar pada saatnya dapat digunakan secara maksimal dan pengguna mendapatkan layanan terbaik.

Persaingan kualitas terjadi juga antara operator nomor satu Telkomsel dan XL Axiata, operator yang kini secara resmi berada di peringkat kedua. Setelah Telkomsle beberapa hari lalu menguji kualitas jaringan di jalur mudik, XL pun tak mau kalah dan menggelar langkah serupa.

Adapun pengujian yang dilakukan XL adalah menggunakan moda transportasi kereta, melalui dua jalur, yaitu  Jakarta – Cirebon – Purwokerto – Yogyakarta dan jalur Surabaya – Madiun – Yogyakarta. Rute yang ditempuh melintasi kota besar dan kecil yang bisa menjadi gambaran jangkauan layanan XL di sebagian besar wilayah Indonesia dan juga menjadi pusat distribusi dan tujuan arus mudik selama bulan Ramadhan dan Lebaran.

Presiden Direktur XL, Hasnul Suhaimi mengatakan, Ramadan dan Lebaran selalu menjadi momentum bagi XL dalam memberikan layanan terbaik bagi pelanggan dan masyarakat. "Selain menawarkan program khusus yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan, kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk menjaga jaringan. Kami ingin pelanggan atau masyarakat lancar bersilaturahmi dan beribadah. Kami pastikan semua sumberdaya terkait jaringan, baik para teknisi juga perangkat, akan siaga 24 jam sehari selama bulan suci dan libur Lebaran," katanya.

Ditambahkannya, uji kesiapan jaringan dan layanan dilakukan untuk memastikan terjaganya kenyamanan pelanggan dan mengantisipasi potensi lonjakan traffic pelanggan dalam menggunakan layanan seluler baik Percakapan, SMS atau Data/Internet. "Uji coba layanan-layanan ini tidak lepas dari makin berkembangnya kebutuhan pelanggan, bukan saja terhadap voice dan sms tetapi juga data. Dan yang paling berkembang saat ini adalah produk dari layanan digital. Karena itu kami mempersiapkan sejumlah layanan digital yang bisa dinikmati pelanggan menjelang bulan Ramadhan Puas Penuh Berkah," tandasnya.

Di hari-hari biasa, XL melayani trafik percakapan hingga 510 juta menit/hari. Sedangkan untuk trafik SMS adalah 700  juta SMS/hari, dan trafik data sebesar 325 Terabytes/hari. Diperkirakan sepanjang Ramadhan dan Lebaran 2014 nanti akan terjadi lonjakan trafik antara 5% hingga 30% dari trafik normal sehari-hari.