Search
Kamis 23 Mei 2024
  • :
  • :

BBM Akhirnya Mendarat di Ponsel Berbasis Windows

MAJALAH ICT – Jakarta. CEO BlackBerry sebelumnya mengatakan bahwa BlackBerry Messenger (BBM) akan segera pula mendarat di ponsel berbasis Windows, mengikuti langkah BBM yang tahun lalu sudah mulai bisa dipakai bagi pengguna Android dan iOS. Dan kini, akhirnya BBM berbasis Windows pun telah tersedia di Windows Phone Store.

Hanya sayangnya, ketersediaan BBM tersebut hanya bersifat untuk versi beta dan bersifat private. Artinya, pengguna tetap dapat mendownload aplikasi, tapi sebelum dapat dipakai karena belum bisa masuk (sign ini) secara resmi. Mungkin nampaknya, masih menunggu secara resmi aplikasi ini bisa dipakai di ponsel berbasis Windows. 

Sebagaimana diketahui, John Chen mengumumkan bahwa BBM untuk sistem oeprasi Windows akan mulai dapat diunduh pada Juli mendatang. Dengan demikian, ini melengkapi aplikasi instant messenger ini untuk dapat digunakan di sistem operasi BlackBerry, iOS, dan Android.

Sebelum ini, BlackBerry baru saja meluncurkan eBBM atau enterprise BBM yang terprotected. BBM Protected tersedia untuk sistem operasi BlackBerry dan Blackberry 10. BBM Protected menggunakan enkripsi FIPS 140-2 untuk mengirim pesan antara sesama pengguna di satu perusahaan yang maupun dan pengguna lainnya yang juga terproteksi. Fitur ini tidak membutuhkan aplikasi terpisah dari BBM reguler.

BBM Protected tetap dapat digunakan pengguna untuk mengirim ke pengguna BBM biasa. eBBM sebagai produk pertama dari BBM Protected, tersedia gratis untuk pengguna BES 10. BBM Protected juga akan hadir untuk pengguna dengan sistem operasi iOS dan Android di tahun ini juga. 

Di akhir Mei lalu, Blackberry juga baru mengumumkan kehadiran update BBM, yaitu BBM versi 2.2. Versi BBM baru akan hadir lebih dulu untuk pengguna Android, yang kemudian dalam beberapa ke depan diikuti untuk iPhone, iPad dan iPod Touch.

Di versi baru BBM ini, beberapa perubahan terlihat. Seperti hadirnya signup page yang lebih mudah, begitu juga cara untuk ‘find friends’. Hadir pula 16 emotikon bBM yang baru. BlackBerry di versi ini juga memutuskan untuk mengganti nama ‘Updates’ tab menjadi ‘Feeds’.

Jeff Gadway, kepala product and brand marketing BBM, mengatakan "Kami memiliki spesial rilis BBM untuk BBM OS dan BlackBerry 10 dalam beberapa minggu ke depan. Beberap hal spesial ditambahkan untuk pengukuran yang lebih bagus," katanya.

Sementara itu, lama tidak terdengar perkembangannya, aplikasi BlackBerry Messenger dikabarkan akan segera tersedia untuk Windows Phone. Ini artinya, BBM akan lengkap dapat dinikmati pengguna di luar OS BlackBerry, setelah tahun lalu tersedia untuk Android dan iOS. Juli akan menjadi waktu yang dipilih Blackberry untuk meluncurkan BBM untuk Windows Phone.