Search
Kamis 23 Mei 2024
  • :
  • :

BBM Masih Jadi Aplikasi Instant Messenger Terpopuler di Indonesia

MAJALAH ICT – Jakarta. Meski kini telah hadir beragam aplikasi pesan instan (Instant Messenger), namun ternyata popularitas BlackBerry Messenger (BBM) belumlah tamat. Seperti diungkap lembaga riset pasar Nielsen, BBM masih yang terpopuler dan digunakan oleh 79 persen pengguna di Indonesia.

Angka penggunaan 79 persen tentu artinya bahwa BBM masih terpopuler dan dalam posisi mayoritas. Hasil riset Nielsen itu disampaikan dalam survei On Device Meter pada bulan Februari 2014. Posisi kedua ditempat WhatsApp dengan pengguna sebesar 57 persen dan LINE 30 persen. Adapun rata-rata penggunaan BBM adalah selama 23,3 menit, WhatsApp selama 6,2 menit dan 5,1 menit dengan LINE.

Dari survei yang sama, Nielsen juga mencatat bahwa pengguna ponsel di Indonesia menghabiskan waktu rata-rata 140 menit per hari dalam menggunakan smartphone. Dari total waktu aktif tersebut, 37 menit digunakan untuk bercakap-cakap, 27 menit main internet, 23 menit untuk mengakses aplikasi utilitas, 17 menit untuk bermain game dan 15 menit untuk menikmati konten multimedia.

Adapun aktivitas lainnya, seperti mengirim SMS selama 8 menit, bertelepon 6 menit, navigasi di ponselnya 3 menit dan sisanya yang terkait soal keamanan, surel, dan olah dokumen masing-masing menghabiskan waktu 1 menit per hari. Pengguna ponsel disebutkan juga mayoritas aktif pada jam-jam setelah jam kerja, yaitu di rentang waktu antara pukul 18.00 hingga 22.00 WIB. Sebagian besar waktu digunakan untuk ngobrol diikuti dengan browsing dan bermain game.

Dilihat dari kelompok usia, pengguna smartphone dari kalangan dewasa muda yang berusia 25 hingga 30 tahun, menghabiskan waktu lebih banyak untuk mengobrol, yaitu 47 menit dibandingkan dengan kelompok usia lainnya. Sementara dari jenis kelamin, perempuan menghabiskan waktu lebih banyak setiap hari untuk mengobrol dibandingkan dengan pria. Perempuan menghabiskan 43 menit per hari untuk berbicang, sementara pria menghabiskan waktu 11 menit lebih sedikit, yaitu 32 menit per hari.