Search
Sabtu 13 Juli 2024
  • :
  • :

BBM Pun Tersedia untuk iPad dan iPod Touch

MAJALAH ICT – Jakarta. Akhirnya BlackBerry memenuhi janjinya untuk menyediakan aplikasi BlackBerry Messenger (BBM) untuk sistem operasi berbasis iOS namun dan dengan layar yang besar seperti iPad serta iPod Touch. Untuk menggunakan aplikasi ini, paling tidak pengguna harus memakai iOS 6 atau lebih tinggi. Untuk iPad BBM yang disediakan adaah untuk iPad dengan WiFi only atau cuma tersedia koneksi WiFi tanpa 3G maupun 4 G.

Pada saat bersamaan, BlackBerry juga perbaikan bug pada Android serta iPhone. Perbaikan bug tersebut antara lain adalah menghilangkan masalah penyedotan daya baterai serta hilangnya kontak dari smartphone. Semua aplikasi tersebut sudah tersedia di Apps Store.

Selain itu, BlackBerry juga memberikan kemudahan untuk menemukan teman. Pengguna aplikasi BBM juga kini bisa memperoleh opsi sharing PIN dan PIN barcode ke jejaring sosial seperti Twitter atau Facebook dengan menggunakan fitur ‘Tell Your Friends’.

Saat ini, fase euphoria masyarakat ramai-ramai mengunduh aplikasi BBM untuk Android dan iOS sudah lewat. Antrian yang tadinya dilakukan karena pengguna membludak hingga 10 juta dalam waktu 24 jam pertama, kini sudah lebih lancar. Tak perlu antri lagi untuk dapat menggunakan aplikasi BBM.

Namun begitu, antrian serupa bukan tidak mungkin akan terjadi lagi. Kesuksessan BlackBerry Messenger untuk meraih minat pengguna iOS dan Android, tentu akan dilanjutkan dengan membuat aplikasi BBM untuk Windows. Dan jika dibuka untuk Windows, masa antrian seperti kemarin nampaknya bisa terjadi kembali. 

BlackBerry sendiri belum secara resmi menanggapi apakah versi Windows akan tersedaia atau tidak. Namun, saat ajang BlackBerry Jam yang diadakan di Hong Kong, BlackBerry memang sempat menunjukkan kemampuan BBM di Windows 7. Selain bisa digunakan di platform Windows 7, saat itu BlackBerry juga bakal mengembangkannya agar bisa dipakai di OS Apple lain yang digunakan untuk komputer PC atau Laptop, yaitu Mac.

Sebelumnya, antrian menggunakan BBM sangat padat. Begitu banyak yang terpaksa menunggu aktivasi email sebelum dapat menggunakan layanan BBM ini. Begitu juga dengan layanan BBM video, voice maupun channel yang belum tersedia di BBM lintas platform ini. Karena ada jutaan orang lagi yang diklaim BlackBerry meminati BBM ini untuk dapat digunakan di ponsel berbasis Android dan iOS, BlackBerry pun membuat aturan, first come first serve, siapa yang pertama datang atau mendaftar, maka dia yang akan dilayani duluan. 

Aturan ini diterapkan BlackBerry karena basis dari pendaftaran adalah email. Jadi, setelah pengguna mengunduh aplikasi dari BBM.com dari ponsel berbasis Android atau iOS, dan kemudian meng-install nya, pengguna diminta mendaftar dengan mengirimkan email. Pendaftaran dengan email inilah yang akan antri. MAka dikatakan BlackBerry, siapa yang daftar duluan, maka akan dilayani duluan.

Dalam kesempatan peluncuran BBM secara resmi ini, BlackBerry juga mengucapkan terima kasih atas peluncuran ini dan mengharapkan penggunanya yang selama ini menanti-nanti BBM lintas platform ini gembira. "Thanks all for your excitement. We’re moving through the lineup on a first-come, first-served basis," tulis BlackBerry dalam akun Twitter @bbm