Search
Kamis 29 Juli 2021
  • :
  • :

Beban Bagi Google Jadi Alasan Motorola Dijual ke Lenovo

MAJALAH ICT – Jakarta. Alasan mengapa Google melepas Motorola Mobility ke Lenovo kian jelas. Hal itu setelah Google mengumumkan laporan keuangannya dikuartal 4 (Q4)-2013. Secara konsolidasi Google melaporkan pendapatan sebesar 18,86 miliar dolar AS.

Dari angka itu artinya, Google mendapat keuntungan bersih sebesar 3,38 miliar dolar AS. Dengan begitu, ini merupakan kenaikan 20% dibanding tahun sebelumnya. Per saham, akan didapat 9,90 dolar AS. Mayoritas pendapatan didapat Google dari klik di YouTube dan iklan yang terpasang di situs pencari nomor satu di dunia ini.

Pendapat konsolidasi akan menjadi lebih bagus lagi, jika Motorola Mobility berkinerja bagus. Sayangnya, Motorola menghasilkan total kerugian 384 juta dolar AS atau sekitar Rp. 4,6 triliun dengan pendapatan sebesar 1,24 miliar dolar AS. Tahuns ebelumnya, kerugian operasional Motorola Mobiltiy juga pada angka yang hampir sama,s ebesar 353 juta dolar AS.

Sebagaimana diketahui, Google akhirnya menjual Motorola ke Lenovo senilai US$ 2,91 miliar. Kesepakatan dengan Lenovo terjadi setelah Google dalam dua tahun terakhir ini gagal menjual ponsel Motorola. Google sendiri membeli Motorola senilai US$ 12,5 miliar.

Pembelian Motorola Mobility yang dilakukan oleh Lenovo ini, merupakan bagian dari ambisinya untuk memperluas pasar smartphone-nya ke luar Cina, khususnya kawasan Amerika Utara dan Eropa. Seperti dikutip dari AFP, CEO Google mengatakan Lenovo memiliki kesepakatan dan rekam jejak yang sangat baik untuk membawa Motorola Mobility menjadi pemain besar dalam ekosistem Android. 

Sementara itu, CEO Lenovo Yang Yuanqing mengatakan, akusisi tersebut diharapkan dapat membuat Lenovo menjadi pesaing yang kuat di pasar smartphone. "Kami akan segera memiliki peluang menjadi pemain global yang kuat dalam ruang mobile yang tumbuh cepat,” ujarnya.

Lebih dari 2.000 paten dan portopolio merek dagang Motorola pun akan diambilalih oleh Lenovo. Namun, jumlah paten tersebut tak sebanyak sewaktu Google membeli Motorola. Lenovo akan resmi mendapatkan merek dagang dan berbagai produk Motorola, termasuk smartphone Moto X dan Moto G.




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *