Search
Senin 10 Mei 2021
  • :
  • :

Beberapa Negara Wajibkan Facebook untuk Membayar Konten Berita dari Penerbit Lokal

MAJALAH ICT – Jakarta. Kanada dilaporkan berjanji untuk mengikuti jejak Australia dengan memperkenalkan undang-undang yang mewajibkan Facebook membayar konten berita dari penerbit lokal, dengan aturan baru yang akan diumumkan dalam beberapa bulan mendatang.

Menteri Warisan Kanada Steven Guilbeault mengatakan satu opsi akan meminta perusahaan termasuk Facebook dan Google untuk menyetujui kesepakatan dengan outlet berita lokal untuk konten mereka secara langsung atau melalui proses arbitrase, Reuters melaporkan.

Kemungkinan lain adalah model yang diadopsi di Prancis yang menyerukan pembicaraan antara perusahaan dan penyedia berita tentang kompensasi untuk penggunaan konten.

Kanada dilaporkan membahas kolaborasi dengan Prancis, Australia, Jerman dan Finlandia dalam masalah ini.

Aturan yang lebih ketat juga dilaporkan sedang dipertimbangkan oleh pemerintah Inggris dan German Newspaper Publishers and Digital Publishers Association (BDZV).

Facebook memblokir konten berita di Australia awal pekan ini sebagai tanggapan atas undang-undang yang diusulkan yang mewajibkan raksasa web membayar harga yang wajar kepada penerbit: Facebook menyatakan keuntungan bisnisnya dari berita adalah “minimal” karena kurang dari 4 persen dari konten umpan berita.

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *