Search
Jumat 10 Juli 2020
  • :
  • :

BEKRAF Bersama 7-Eleven Selenggarakan ‘Coding Mum’

MAJALAH ICT – Jakarta. Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) bersama 7–Eleven, menyelenggarakan Coding Mum. Coding Mum merupakan sebuah program pendidikan dan pelatihan bahasa pemrograman bidang teknologi informasi untuk menghasilkan tenaga kerja programmer paruh waktu bagi ibu rumah tangga di Co-working Space 7-Eleven, di Jakarta. 

Program Coding Mum ini merupakan inisiatif Kepala Bekraf Triawan Munaf untuk mengembangkan sektor ekonomi kreatif, secara khusus di bidang teknologi informasi dan komunikasi, dengan meningkatkan kemampuan dan ketrampilan teknis bagi ibu rumah tangga Indonesia untuk belajar bahasa pemrograman.

Kegiatan Coding Mum bertujuan untuk mengembangkan jiwa kewirausahaan para ibu rumah tangga dengan menggunakan kemampuan sendiri tanpa harus meninggalkan rumah. Sehingga, mereka bisa melakukan bisnis online dengan cara membuat halaman web sendiri dan menghasilkan lapangan pekerjaan baru dan sumber pendapatan baru.

Kegiatan ini mendukung agenda strategis BEKRAF untuk menyerap tenaga kerja dari sektor industri ekonomi kreatif berjumlah 12,4 juta orang di tahun 2016 hingga 13 juta jiwa di tahun 2019. Coding Mum akan dilaksanakan sejumlah 15 kali pertemuan yang diikuti oleh 20 orang peserta dari Jakarta dan sekitarnya. Program akan berlanjut ke kota-kota besar lainnya seperti Bogor, Bandung, Surabaya, Malang, Makasar, serta kota-kota besar di Indonesia yang perekrutan pesertanya melalui media online sehingga bisa diakses oleh calon peserta dari berbagai daerah.

Materi pelatihan Coding Mum disediakan dari beberapa institusi pendidikan, diantaranya Clevio Coder Camp, Dilo Mikti dan ProCode CG dan diberikan dalam bentuk coaching yang dapat lebih mudah dimengerti oleh para ibu rumah tangga sebagai para peserta. Pelatihan ini akan memberikan pengetahuan dan keahlian dalam mendesain, teknik produksi menggunakan HTML dan Javascript. Peserta akan menguasai dasar-dasar Front end Designer aplikasi web, mengerti konsep arsitektur sebuah aplikasi web dan mampu mendesain sebuah halaman web sebagai Level Beginner. 

Peserta akan menguasai dasar-dasar Developer HTML & Javascript: memiliki keahlian dalam membangun aplikasi web, menggunakan bahasa populer pada Level Beginner. Coding Mum Indonesia bukan program yang pertama di dunia. Program ini sudah berhasil dilakukan di berbagai belahan dunia lain dan sudah menghasilkan programmer yang handal, seperti Mums In Technology Inggris, Digital Mums dan Mother Coders di Amerika Serikat.

 

Loading...




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *