Search
Sabtu 13 April 2024
  • :
  • :

Berbeda dengan Kominfo, Telkomsel Nyatakan Jaringan Aman dari Letusan Kelud

MAJALAH ICT – Jakarta. PT Telkomsel nampaknya membantah keterangan yang disampaikan Kementerian Komunikasi dan Informatika, yang menyatakan layanan telekomunikasi tergangu akibat letusan Gunung Kelud, hingga radius 20 KM. Telkomsel menyatakan bahwa jaringan dan layanannya tetap berfungsi secara normal pasca letusan Gunung Kelud.

Dalam Siaran Pers nya, Telkomsel menegaskan bahwa secara umum, khususnya di kawasan Jawa Timur tempat utama lokasi bencana tidak terdapat gangguan berarti pada jaringan Telkomsel sehinga pelanggan tetap dapat  melakukan komunikasi voice, SMS dan data seperti biasa. Telkomsel mengungkapkan, BTS (Base Transceiver Stations) Telkomsel yang berada dalam radius lokasi erupsi, tidak terkena dampak langsung letusan gunung. Namun untuk mengantisipasi BTS-BTS yang terganggu karena terhambatnya aliran listriknya PLN,  Telkomsel mengerahkan 15 unit genset portable dan mobile. 

Disampaikan, untuk percepatan penanggulangan bencana, Telkomsel akan menyiagakan unit siaga bencana TERRA (Telkomsel Emergency Response & Recovery Activity). Selain itu, dilokasi-lokasi pengungsi di Kediri dan Blitar, Telkomsel akan mengerahkan Mobile GraPARI dan membuka posko telepon gratis untuk para pengungsi. Telkomsel juga menyediakan kartu dan pulsa gratis kepada para pengungsi dan masyarakat yang terkena dampak letusan Gunung Kelud.

Untuk pelayanan, semua sentra pelayanan masih beroperasi secara normal, termasuk Grapari Kediri yang berada di sekitar lokasi Gunung Kelud. Saat ini layanan regional Jawa Timur didukung oleh 48 GraPARI dan  layanan regional Jawa Tengah DIY didukung oleh 38 GraPARI. Keseluruhan sentra pelayanan tersebut melayani pelanggan sesuai dengan jam operasional seperti biasa.