Search
Selasa 21 Mei 2024
  • :
  • :

Beredar Isu Penarikan Slot Orbit Indosat Diputuskan di Kantor Menko Polhukam

MAJALAH ICT – Jakarta. Bank Rakyat Indonesia akhirnya secara resmi mendapat restu dari Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk mengelola slot orbit 150,5 BT, yang artinya dibolehkan untuk memiliki satelit. Sebelumnya, slot orbit 150,5 BT dikuasai Indosat. Dan MoU sudah menandatangani kerja sama untuk meluncurkan satelit pada 2016. Pengambilalihan slot orbit dari Indosat ternyata sudah dilakukan per Agustus tahun lalu.

Di sisi lain, Indosat nampaknya masih belum rela melepas slot tersebut. Seperti dikatakan Presiden dan CEO Indosat, Alexander Rusli, Indosat masih mempertanyakan alasan mengapa slot orbitnya ditarik oleh pemerintah. Dan ketika jawaban belum diberikan, pemerintah sudah mengalokasikannya slot orbit pada BRI. Padahal menurut Alex, pihaknya sudah memenuhi semua syarat yang diminta untuk kembali meluncurkan satelit di slot 150,5 BT. Dengan keputusan ini, bisnis satelit Indosat diprediksi akan jatuh karena tidak bisa lagi menyewakan kepada pihak ketiga.

Selain itu, ditambahkannya, lisensi BRI yang hanya memiliki izin telekomunikasi khusus dinilai bisa menghambat kerja sama kedua belah pihak. "Kami tidak mungkin menyewa transponder dari BRI kalau cuma pakai izin telsus,” ujanya. Ijin Telekmunikasi Khusus diberikan pemerintah pada penyelenggara telekomunikasi yang memakai jaringannya untuk keperluan sendiri, tidak disewakan pada pihak lain.

Dari dokumen yang beredar, diketahui terjadi rapat di Kantor Menko Politik, Hukum dan Keamanan yang membahas mengenai penarikan slot orbit satelit. Dalam rapat tanggal 26 Agustus sudah diputuskan bahwa slot orbit 150,5 BT yang dialokasikan untuk Indosat diambil oleh pemerintah. Dan kemudian, pada 12 September 2013, Menko Polhukam pun mengirimkan surat mengenai pemanfatan slot penempatan satelit kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Peristiwa yang langka karena selama ini SBY tidak begitu concern mengenai perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di tanah air.