Search
Jumat 19 April 2024
  • :
  • :

Beredar Video Penipuan Money Changer di Bali Terhadap Turis

MAJALAH ICT – Jakarta. Selain video kenakalan yang dilakukan polisi dengan memeras turis di Bali dan suap di Bandara Ngurah Rai, Denpasar, Van der Spek ternyata membuat juga video penipuan yang dilakukan beberapa tempat penukaran uang asing (money changer) di Bali.

Dalam video berdurasi 6:55 menit yang dapat dilihat di BukuGambar.com ini, Van der Spek melakukan investigasi penipuan money changer. Digambarkan, penukaran uang 100 Euro ke rupiah yang seharusnya sekitar Rp. 1,2 juta namun ternyata kurang karena hanya diterima sekitar Rp. 800-an ribu. Van der Spek, turis yang terkena tipu sesungguhnya adalah wartawan investigasi di Amsterdam Belanda. Kees Van der Spek bekerja di Endemol, sehingga memang apa yang dilakukan seperti menjebak.

Sebagaimana diketahui, selain menyuap polisi, Van der Spek juga menyuap petugas bea cukai 200 dolar AS saat mendapat kesulitan memasukkan barang untuk liputan. Video oknum polisi yang menilang turis asal belanda Vander Spek, pengunjungnya juga lumayan banyak. 

Jika melihat dari sudut pengambilan gambar, nampaknya si bule memiliki beberapa kamera tersembunyi dan mengajak temannya, saat masuk ke tempat penukaran uang. Penipuan dalam video ini dalam pantauan Majalah ICT memang kerap terjadi. Kebanyakan turis malas melaporkan karena khawatir justru merepotkan mereka. Hanya saja, jika tidak ada tindakan dari aparat kepolisian, nampaknya kejadian ini akan mencoreng wajah Bali dan pariwisata Indonesia.