Search
Senin 30 Januari 2023
  • :
  • :

Bersama Mitra Penyediaan SDM, Huawei Kembali Tekankan Komitmen terhadap Penguatan Talenta Digital

MAJALAH ICT – Jakarta. Penyedia teknologi informasi dan komunikasi (TIK) global terkemuka Huawei untuk kali pertama menerima kunjungan dari para mitranya di bidang penyediaan sumber daya manusia (SDM) dan rekrutmen PT Elabram System, PT Manpower Business Solutions, PT Persolkelly Recruitment, PT Boss Hire Indonesia, PT Talenta Eksklusif Asia, PT Dyka Konsultama, dan PT Dian Graha Elektrika. Digelar di kantor Huawei di Jakarta, kunjungan ini menegaskan komitmen Huawei terhadap persiapan dan pelatihan talenta bermutu tinggi demi memajukan Indonesia melalui kerja sama dengan mitra, sekaligus menguatkan kapasitas SDM internal.

Mengusung tema Huawei in Indonesia, for Indonesia: Enhancing New Digital Ecosystem for the Future of Work, Huawei dan para mitranya menyetujui bahwa COVID-19 telah mengubah masa depan dunia kerja. Bukan saja pekerjaan dapat dilakukan dari mana saja dengan dibantu teknologi digital, melainkan permintaan yang meningkat terhadap layanan-layanan berbasis teknologi juga menuntut tenaga kerja yang cakap digital dan memiliki berbagai keterampilan seperti cloud, AI, machine learning, analitik data, dan keamanan siber.

Jeffrey Wang, Vice President, Management Transformation, Huawei Indonesia menyatakan bahwa Huawei telah berada di Indonesia sejak 2000, dan bisnisnya di ranah Carrier, Enterprise, Cloud, dan Digital Power terus bertumbuh pesat. Capaian ini tentunya tidak terpisahkan dari peran SDM dan talenta digital sebagai pendorong utama.

“Meski demikian, memenuhi kebutuhan perusahaan akan talenta digital menjadi semakin menantang, baik dari segi kuantitas, kualitas, maupun waktu. Dari evaluasi yang kami lakukan bersama, kami menyimpulkan bahwa Huawei dan para mitranya perlu meningkatkan kerja samanya agar kami dapat melakukan pengadaan talenta yang memberikan nilai tambah bagi perusahaan dan sebaliknya, sehingga momentum pertumbuhan kami terus dipertahankan,” tuturnya.

Ia mengatakan bahwa Huawei juga menunjukkan kepedulian akan kebutuhan talenta digital di Indonesia. Berbagai analisis menunjukkan bahwa Indonesia membutuhkan setidaknya 9 juta talenta digital dalam kurun waktu 15 tahun, atau setara dengan 600 ribu talenta setiap tahunnya. Huawei pun berkomitmen memberikan sumbangsih dalam pengembangan 100 ribu talenta digital hingga 2025.

“Sejak komitmen tersebut pertama kali dikumandangkan pada 2020 akhir, kami telah melatih 62 ribu talenta digital terhitung saat ini, atau lebih dari setengah target kami. Huawei akan terus bekerja sama dengan semua pemangku kepentingan, termasuk para mitra, dalam memenuhi kebutuhan Indonesia menuju visinya menjadi salah satu kekuatan ekonomi digital terbesar di dunia,” tambah Jeffrey.

Dani K. Ristandi, HR Director Huawei Indonesia mengatakan, “Kunjungan kemitraan ini bertujuan memperkuat hubungan baik nan produktif yang telah dibangun Huawei Indonesia dengan para mitranya di bidang SDM. Kami berharap, dengan membagikan gambaran yang lebih jelas tentang perusahaan, bisnis, dan strategi SDM-nya, kami dapat berkolaborasi lebih erat dan memanfaatkan keahlian, kapasitas, dan jejaring yang dimiliki para mitra tepercaya kami dalam rangka memaksimalisasi nilai yang dapat ditawarkan talenta lokal kepada Huawei dan sebaliknya.”

Para mitra pun mengapresiasi kerja sama yang telah dijalin dengan Huawei, yang berlandaskan semangat gotong royong dan menghasilkan manfaat bersama.

PT Elabram System adalah salah satu mitra Huawei yang memulai kolaborasinya pada 2010. “Sejak awal mula kemitraan kami, Huawei secara konsisten menjadi mitra yang baik dan mengedepankan pertumbuhan bersama, termasuk bagi kami sebagai mitra. Kami juga melihat bahwa Huawei memiliki standar yang tinggi terhadap SDM, dan kami pun terdorong untuk terus meningkatkan layanan yang kami berikan. Kami berharap dapat membangun hubungan kerja sama yang semakin diperkuat, erat, kolaboratif, dan saling menguntungkan bagi kedua perusahaan,” pungkas Annie Bahwani, Group Deputy Director PT Elabram System.

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *