Search
Kamis 23 Mei 2024
  • :
  • :

Bisnis Digital XL Baru akan Mulai Panen 2015

MAJALAH ICT – Jakarta. PT XL Axiata Tbk (XL) menargetkan pertumbuhan layanan digital akan mencapai 65 persen di 2014 dan. Hal itu karena pada tahun ini sudah memasuki fase adopsi.

Demikian dikatakan Direktur Digital Services XL Dian Siswarini. Menurutnya, pada 2012 saat layanan digital memasuki fase inkubasi, kemudian pada 2013 telah melangkah ke pembangunan ekosistem dan pengembangan produk, kemudian pada 2014 masuk ke tahap adopsi. "Kalau ditanya revenue, pendapatan dari digital services saat ini masih sangat kecil dan belum kelihatan, karena XL memang menerapkan fase-fase bagi direktorat baru ini sejak mulai lahirnya pada 2012," ungkapnya.

Namun begitu, Dian meyakini bahwa layanan ini akan memberikan kontribusi pendapatan bagi XL sekitar 5-7 persen pada 2015. "Revenue akan benar-benar muncul pada 2015, saat digital services memasuki tahap usage stimulation di mana pemakaiannya sudah mulai meningkat," harapnya.

Dipaparkan Dian, XL menargetkan bisa menguasai pangsa pasar digital services di Indonesia hingga 30 persen atau melebihi pangsa pasar XL secara keseluruhan. XL sendiri memiliki delapan lini bisnis untuk digital services, yaitu mobile banking, mobile advertising, cloud, machine to machine, mobile payment, digital entertainment, business development, dan Elevenia (e-commerce).

Dian mengungkapkan tahun ini, XL menginvestasikan untuk membangun digital services sebesar USD 15-20 juta. Saat ini digital services XL melayani lebih dari 300 korporasi dan menjalin kemitraan dengan sedikitnya 6 ribu mitra.