Search
Selasa 21 Mei 2024
  • :
  • :

Bitcoin Kini Bisa Dibeli di 10 Ribu Cabang Indomaret

MAJALAH ICT – Jakarta. Dengan tercapainya kesepakayan antara Bitcoin.co.id dengan Indomaret, maka kini Bitcoin telah dapat dibeli di 10 ribu gerai Indomaret, waralaba toko yang menjual kebutuhan sehari-hari. Sementara Ipaymu akan menjadi prosesor pembayaran resmi untuk kesepakatan ini. Dan inilah menjadi metode paling mudah membeli Bitcoin dalam mata uang rupiah.

Oscar Darmawan, pendiri Bitcoin.co.id, optimis tentang masa depan Bitcoin di sini. Sebagaimana dilansir dari Coinsetter.com, Indonesia disebutnya memiliki industri pariwisata yang berkembang pesat melebihi 10 miliar dolar AS, yang banyak orang percaya akan membantu dengan adopsi lebih lanjut dari Bitcoin terutama di kalangan pedagang.

""Untuk membeli Bitcoin, di Idnoensia menggunakan sistem "top-up", cara yang populer di beberapa negara berkembang. Pengguna harus membuat account di Bitcoin.co.id kemudian pilih Top-up melalui pilihan Indomaret. Pembeli Bitcoin akan mendapatkan kode unik untuk mengidentifikasi akun mereka. Para pengguna kemudian mengambil kode ini ke toko Indomaret dan setoran tunai. Hal ini secara otomatis dikonversi menjadi Bitcoin dalam account mereka.

Alur kerja ini mirip dengan mekanisme tagihan pembayaran yang sudah berjalan di toko Indomaret. Indonesia sudah menggunakan toko Indomaret ekstensif untuk membayar tagihan, sehingga ini tidak terlalu sulit bagi mereka untuk digunakan.

Saat ini tidak ada cara offline untuk membeli Bitcoin melalui toko-toko Indomaret, karena pengguna  perlu untuk login ke account mereka dan mendapatkan kode. Hal ini berbeda dari pilihan lain seperti menggesekkan kartu laksana kartu prapaid pada untu ponsel, yang hanya perlu kode unik yang dapat dibeli di setiap  titik ketika orang memiliki akses ke internet.

Sebenarnya, meskipun Indonesia merupakan pasar yang sangat kecil bagi perekonomian Bitcoin keseluruhan, dengan populasi terbesar keempat di dunia dan infrastruktur, Bitcoin menjanjikan untuk masa depan. Bank Indonesia sendiri menyatakan bahwa alatr transaksi resmi di Indonesia adalah rupiah, dan Bitcoin tidak dapat diterima.