Search
Selasa 16 Juli 2024
  • :
  • :

BlackBerry dan Apple Dukung Indonesia WiFi Telkom

MAJALAH ICT – Jakarta. PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom) melalui anak perusahaannya, Telkomsel, berhasil mendapat dukungan dari dua perusahaan gadget dunia, Apple dan BlackBerry, untuk Indonesia WiFi. Rizkan Chandra, Direktur NITS sekaligus Komisaris Telkomsel, didampingi EGM Divisi WiBro Pramasaleh H. Utomo sukses mendapatkan dukungan dari BlackBerry dan Apple dalam rangkaian roadshow ke Kanada dan USA yang dilaksanakan pada 25 Juni sd 1 Juli 2013 lalu.

Event roadshow yang didukung Cisco, sebagai partner strategis Telkom dalam penggelaran 1 juta WiFi di seluruh Indonesia pada tahun 2013 ini, dimulai dengan kunjungan ke kantor pusat BlackBerry di Waterloo, Ontario, Kanada.

Pada kesempatan tersebut, Rizkan memaparkan tentang potensi pasar Indonesia dan peluang kerja sama, khususnya Indonesia WiFi dan Mahakarya Telkom Indonesia untuk Indonesia yaitu Indonesia Digital Network (IDN).
 
Executive Vice President Global Product BlackBerry Carlo Chiarello menyampaikan minat BlackBerry untuk mempertahankan posisi mereka di pasar smartphone di Indonesia, yang saat ini semakin tergerus oleh kompetitor mereka. Untuk itu, BlackBerry sangat berkepentingan terhadap kerja sama strategis dengan TelkomGroup yang melingkupi Joint Marketing untuk bundling smartphone BlackBerry dan Indonesia Wifi, khususnya untuk bidang pendidikan, UKM, dan Komputasi Awan (Cloud Computing).
 
Kerja sama ini juga diusulkan Telkom untuk meliputi penggelaran BlackBerry Services di perangkat non-BlackBerry. Di mana hal tersebut sejalan dengan strategi BlackBerry untuk membuka layanan BlackBerry Messaging (BBM) untuk perangkat non-BlackBerry.
 
Selain melakukan kunjungan ke kantor pusat BlackBerry, Rizkan juga berkunjung ke markas besar Apple di Cupertino, Sillicone Valley, California. Telkom dan Apple sepakat untuk mendalami kerja sama, khususnya di bidang pendidikan dan kesehatan. Sebuah tim khusus dibentuk Apple dan akan segera dikirim ke Jakarta untuk menindaklanjuti pertemuan tersebut.
 
iTunes U dan iBooks Authoring akan menjadi andalan Apple untuk mengubah pengalaman belajar dan mengajar yang lebih menarik dan menyenangkan untuk guru, siswa, dan institusi pendidikan. Untuk dunia kesehatan, Apple mengembangkan aplikasi dan perangkat untuk bidang kesehatan dalam 5 (lima) kelompok besar: Clinical References, Medical Education, Medical Imaging, Remote Patient Monitoring, dan Medical Record Management.
 
Tidak lupa, Telkom melakukan kunjungan ke kantor pusat Cisco di San Jose, California, USA untuk mendiskusikan percepatan implementasi partnership for life antara Telkom dan Cisco. Senior Vice President/General Manager Service Provider Mobility Group Cisco System, Inc., Kelly Ahuja, menegaskan dukungan Cisco terhadap Telkom terutama dalam penggelaran 1 juta Wifi untuk Indonesia serta mensukseskan penggelaran layanan WiFi untuk APEC Summit Oktober mendatang.