Search
Sabtu 13 Juli 2024
  • :
  • :

BlackBerry ‘Jakarta’ Diprediksi Tidak akan Laku, Kecuali..

MAJALAH ICT – Jakarta. BlakcBerry akan menghadirkan ponsel terbarunya yang dipanggil dengan kode Jakarta. Seperti dilansir Wall Street Journal (WSJ), BB Jakarta merupakan hasil kerja sama dengan Foxconn Technology Group, fabrikan ponsel asal Taiwan. Disebutkan bahwa Jakarta merupakan ponsel BB versi murah. Diungkap Interim Chief Executive BlackBerry John Chen, Jakarta akan dapat diluncurkan pada April mendatang. 

Apakah BB Jakarta akan ngangkat kinerja BB atau laku di pasaran, khususnya Indonesia sebagai BlackBerry country? Dalam pantauan Majalah ICT, pasar BB di Indonesia perlahan mulai digerus ponsel merk lain. Terutama berbasis Android, seperti Samsung. Apalagi, aplikasi BBM yang tadinya hanya ada di BB kini juga dapat dinikmati pengguna OS Android dan iOS, sehingga tidak lagi menjadi kewajiban memilih BB sebagai ponsel. Dari kenyataan ini, bisa jadi BlackBerry Jakarta tidak akan dimintai lagi, kalau ada hanya sedikit saja peminatnya.

Namun begitu tetap ada ruang bagi BlackBerry untuk dapat terjual dengan baik. Salah satunya adalah tetap menahan fasilitas ‘utama’ BBM seperti untuk voice maupun video hanya dapat dinikmati lewat BlackBerry saja, tidak dibuka dulu untuk BBM versi Android maupun iOS.

Selain itu, tentu saja harga harus bersaing. Pasar Indonesia sekarang, dalam amatan Majalah ICT, adalah pasar dengan harga ponsel di bawah 2,5 jutaan. Sehingga dapat dipahami, ketika BB Q5 dilepas ke pasar yang sebenarnya dikhususkan untuk Indonesia, tidak laku. Sebab, untuk rentang pasar ini, sudah banyak ponsel yang dijual murah tapi tidak murahan, dalam arti kualitas tidak benar-benar low end melainkan medium-end dengan tetap menanamkan fasilitas kamera, BBM, mudah mendapatkan aplikasi games, tampilan yang dan warna yang sesuai untuk kalangan muda serta baterai yang tahan lama.

Jika tidak memenuhi hal seperti itu, nampaknya BB Jakarta hanya akan menambah jumlah BB yang tidak laku di gudang BlackBerry saja.