Search
Selasa 16 Juli 2024
  • :
  • :

BlackBerry Luncurkan Update BBM 2.0 untuk iOS dan Android

MAJALAH ICT – Jakarta. BlackBerry mengumumkan versi barunya dari BlackBerry Messenger, untuk pengguna iOs dan Android untuk pesan dan berbagi aplikasi seperti yang ada di BlackBerry 10. Dua penambahan uatama dari BBM ini adalah BBM Voice dan BBM Channel.

Dua penambahan tersebutm memang seperti terasa penambahan minor. Namun, jika digabungkan antara keduanya, perubahan ini sangat signifikan. Fitur berbagi lokasi menggunakan Glympse, Dropbox untuk dukungan berbagi file besar yang akan ditempatkan di komputasi awan, serta pengembangan dari emoticon.

Yang menonjol memang adalah BBM Channel dimana sudah diaplikasikan pada perangkat BlackBerry dan BlackBerry 10, tahun lalu. Dengan Channel memungkinkan pengguna untuk menciptakan kanal sendri untuk orang lain agar dapat mengikuti (follow), dan ini diharapkan akan menjadi pendapatan utama dari BlackBerry. Kalau dipikir ini seperti Twitter, bisa jadi demikian, namun dalam skala lebih kecil. BlackBerry sendiri mengklaim telah ada 250 ribu kanal dalam sebulan setelah peluncuran.

BBM Voice juga merupakan aplikasi yang sudah diimplementasikan pada BlackBerry dan BlackBerry 10. BlackBerry sendiri juga mengklaim bahwa layanan ini lebih kompetitif dibanding kompetitornya seperti Skype, Viber dan layanan VoIP gratis lainnya. Hal itu karena BlackBerry memiliki bandwidth yang lebih lebar saat melakukan percakapan, baik melalui WiFi maupun jaringan seluler.

Namun begitu, belum ada informasi kapan BBM video akan juga dishare untuk Android dan iOS. Yang jelas, untuk BBM 2.0 yang merupakan upgrading BBM 1.0 iOS dan Android, tersedia mulai hari ini.