Search
Kamis 23 Mei 2024
  • :
  • :

BlackBerry Menangkan Gugatan Hentikan Penjualan Typo Keyboard

""MAJALAH ICT – Jakarta. Salah satu keunggulan BlackBerry, sebelum kehadiran Blackberry 10 adalah hadirnya keyboard QWERTY selain layar yang juga disentuh. Ini berbeda dengan iPhone yang memang mengusung teknologi touchscreen secara penuh. Apa jadinya jika iPhone pun memiliki keyboard QWERTY seperti BlackBerry? Inilah yang mengusik Ryan Seacrest untuk membuat pelapis iPhone 5 dan 5S yang dapat digunakan layaknya BlackBerry. Sarung ponsel ini diberinama Typo. Typo sendiri sebelum dipasarkan sudah dikembangkan selama dua tahun.

Namun sayangnya, BlackBerry kemudian mengajukan gugatan. Hakim Distrik Willaim Orrick dari di Amerika Serikat, setelah memvalidasi dua dari tiga paten Blackberry, diputuskan bahwa keyboard untuk iPhone tersebut penjualannya harus dihentikan. Menurut Orrick, Type gagal untuk dapat bertahan dari validitas paten, dan mengesampingkan argumen Typo bahwa keyboard merupakan di luar bisnis perusahaan BlackBerry.

Typo sendiri menolak ada kesamaan antar keyboard iPhone ini dengan keyboard BlackBerry yang khas. Sebagaimana dilansir dari Bloomber, disebutkan bahwa sarung ponsel ini sudah pula dijual dan didapatkan dengan harga 100 dolar AS atau sekitar Rp. 1,2 jutaan.  

Adapun yang jadi pemicu kehadiran Typo inilah untuk efisiensi. Pengguna cukup membawa satu ponsel saja, bukan satu untuk menulis dan satu untuk korepondesni, seperti yang dirasakan pengguna iPhone.