Search
Minggu 14 April 2024
  • :
  • :

Bolt Internux Berteknologi LTE pun Diluncurkan

MAJALAH ICT – Jakarta. Layanan Broadband Wireless Access (BWA) dari Internux yang mengunakan nama Bolt sebelumnya akan diluncurkan 14 Desember lalu, yang netah kenapa kemudian batal. Namun, mulai semalam, layanan Bolt resmi diluncurkan.

Demikian peluncuran Bolt itu disampaikan akun @BOLTSUPER4G. "Holiday Surprise From Bolt! Commercial launch resmi dilaksanakan Detik ini.Feel the speed Now! tulis akun resmi BOLT super 4G LTE ini. Ini artinya, pengguna yang sempat menunggu dan tertahan, meski sudah sempat membeli USB modem atau router, namun aktivasi belum bisa dilakukan. Dan dengan dibukanya pengguna untuk aktivasi, maka layanan ini telah dapat digunakan pengguna.  

Sebagaimana diketahui, Internux yang dulu mendapat Izin BWA Wimax di 2,3 GHz di Zone wilayah Banten dan Jabodetabek, resmi mengganti teknologi dengan LTE. Chief Technology Officer Internux Devid Gubiani mengatakan, jaringan 4G LTE Internux menggunakan frekuensi 2,3 GHz dengan menerapkan teknologi time division duplex long term evolution (TDD LTE). Di frekuensi tersebut, Internux menggunakan lebar pita 15 GHz untuk menggelar 4G LTE. Jaringan 4G LTE Internux mencakup kawasan Jabodetabek. "Tahap awal ini kami menggunakan 1.500 menara BTS untuk menyediakan 4G LTE di Jabodetabek," kata Devid.

Produk Internux diberi nama Bolt yang menawarkan kecepatan akses internet hingga 75 Mbps. Internux menargetkan Bolt akan makin berkembang dimana di awal ditargetkan akan dapat menjaring 10 juta pengguna di Jabodetabek dan di 2015 sudah akan ada 3.500 menara BTS untuk meningkatkan kualitas layanan.

Untuk komersialisasi jaringan 4G LTE ini, Internux telah menggelontorkan dana investasi senilai 550 juta dollar AS atau sekitar Rp 6 triliun, untuk menyewa menara BTS dan perangkat operasional lainnya. 

Layanan Paket prabayar Internux hanya Rp 25.000 mendapatkan kuota 8 GB, sementara untuk perangkat mobile wi-fi 4G seharga Rp 274.000. Sehingga, dengan Rp. 300 an ribuan pengguna sudah mendapatkan layanan 4G super cepat. Jika kuota internet habis, pengguna dapat melakukan isi pulsa di toko atau peretail yang telah bermitra dengan Internux.